Headlines News :
Home » , » Explore Gunung Bromo, Jawa Timur

Explore Gunung Bromo, Jawa Timur

Written By Ayok dicoba on Thursday, October 20, 2016 | 9:39 PM



KAMU suka touring? atau jalan-jalani menjelajahi keindahan negeri ini? Pengen wisata murah meriah dan pastinya berkesan? Kamu bisa jadiin Gunung Bromo di Jawa Timur sebagai pilihanmu. Tidak diperlukan banyak biaya untuk mencapai salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia ini. 

Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter, berada di Jawa Timur, tepatnya di empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Karena itu, Bromo dapat dicapai dari empat arah tersebut.

Kamu bisa mencoba mencapai Bromo dari Malang menuju Probolinggo kemudian ke Cemoro Lawang. Dari sinilah kamu bisa menggunakan mobil pribadi dan berganti jeep. Jalur tempat melihat matahari terbit ini berbatu dan curam, tidak mungkin dilalui oleh mobil biasa. 

Tarif jeep dari Cemoro Lawang menuju Pananjakan sekira Rp 600.000 per mobil. Mungkin biayanya terlihat mahal, namun biaya ini bisa kamu bagi bila berpergian bersama teman-teman. Satu jeep mampu menampung hingga enam penumpang. 

Jeep ini tidak hanya mengantarkan kamu ke Pananjakan, tetapi juga ke kawah Bromo dan Bukit Teletubbies, area wisata lainnya selain Pananjakan. Melihat banyak tempat yang dikunjungi, biaya Rp600 ribu ini tentunya tidak mahal kan? 

Dari Cemoro Lawang menuju Pananjakan dapat dicapai selama sekira 20 menit. Namun, ternyata turun dari jeep tidak langsung sampai ke tempat melihat matahari terbit, tapi harus berjalan mendaki lagi sekira dua kilometer.  

Jalanan ini cukup curam dan batu-batunya bertambah besar. Bila tidak kuat berjalan, banyak kuda yang disewakan untuk pengunjung dengan tarif Rp50 ribu. 

Harga kuda ini tidak dapat ditawar, karena menurut pemiliknya, itu sudah harga tetap di Bromo. Lumayan, nggak perlu capek saat mencapai puncak dan melihat matahari terbit. 

Di puncak, banyak sekali pedagang yang menjajakan gorengan ataupun mi instan panas, cocok sekali di udara yang dingin. Harganya memang sedikit lebih mahal, sebesar Rp. 3.000,- - Rp. 5.000,- per gorengan.

Usai melihat matahari terbit, saatnya kembali ke jeep dan berangkat menuju Kawah Bromo. Dari Pananjakan ke kawah hanya perlu waktu 10 menit. Sesampainya di kawah, Anda akan disambut pemandu-pemandu yang membawa kuda untuk mengantarkan ke tangga Kawah Bromo. Seperti di Pananjakan, kuda ini juga dipatok dengan tarif Rp50ribu sekali jalan. 

Bagaimana, cukup murah kan wisata ke Bromo? Bila Anda hanya menggunakan jeep tanpa kuda, Anda hanya perlu membayar Rp100 ribu, biaya yang murah dengan mendapatkan wisata alam yang sangat berkesan ^_^
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger