Headlines News :
Home » , » Puncak Sikunir Dieng: Sunrise Terbaik Dari Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Puncak Sikunir Dieng: Sunrise Terbaik Dari Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Written By Ayok dicoba on Saturday, October 29, 2016 | 8:21 AM


Puncak Sikunir Dieng : Sunrise Terbaik Dari Desa Tertinggi Di Pulau Jawa

Wisata Dieng plateau, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga para traveller indonesia. Karena dalam satu area wisata, Dieng memiliki tempat wisata yang cukup beragam. mulai dari candi, perkebunan teh, kawah, danau dan musem geologi.

Puncak sikunir adalah salah satu spot wisata yang masih berada di dalam wilayah wisata dieng plateau. Ada hal menarik di puncak sikunir, Karena sikunir berada di desa sembungan , yaitu desa tertinggi dipulau jawa.

Selain puncak sikunir, rupanya desa sembungan mepunyai telaga yang begitu indah yaitu telaga cebong. telaga yang masih sangat bersih , jauh dari polusi dan tentunya ikan besar-besar hehehe. para pendaki biaasannya akan menggunakan pinggir telaga cebong untuk mendirikan tenda sebelum mendaki puncak sikunir
Lokasi dan rute menuju puncak sikunir

Tidak sulit untuk menuju ke puncak sikunir karena puncak sikunir berada di desa sembungan, masih berada di wilayah wisata dieng plateau. Desa sembungan adalah desa tertinggi di pulau jawa dengan titik koordinat -7.237758, 109.924938. Rute menuju puncak sikunir tergolong sangat mudah. Dari kota manapun kalian langsung sja menuju kota wonosobo, jika kalian sudah sampai di alun-alun kota wonosobo. lurus saja menuju jalur dieng.

Sampai di gerbang dieng ambil kiri menuju arah telaga warna. Lurus terus menuju ke desa sembungan. Kami sarankan hati-hati karena akses menuju desa sembungan puncak sikunir masih belum mulus. Sebelum masuk desa sembungan akses masih terjal. 


Fasilitas di puncak sikunir
Fasilitas sudah sangat lengkap. Untuk menampung wisatawan yang membludak di akhir pekan, pihak pengelola wisata puncak sikunir desa sembungan sudah mempersiapkan parkir yang sangat luas dan tentunya di jamin keamanan nya. Karena Puncak sikunir terkenal dengan sunrise nya , maka tentunya kita menuju kesana pas tengah malam. Disana sudah dipersiapkan homestay yang sangat murah harganta permalam cuma 75.000 sampai 200.000 itupun untuk rombongan 10 – 30 orang.

Fasilitas toilet, mushola, warung makan juga sudah lengkap. Oiya ada yang lupa, disana ada juga tukang ojek yang siap mengantarkan anda dari parkiran sampai menuju ke pos pendakian di telaga cebong, tarifnya cukup murah cuma 5.000. Lumayan karena jarak dari parkiran menuju pos pendakian sekitar 2 km :D. kalau jalan kaki cukup pegel.

Satu hal yang menarik di puncak sikunir. Kita tidak dikenakan tarif untuk mendaki kepuncak sikunir, alias gratis tis. kita hanya akan dipungut biaya parkir yang menurut kami  masih dalam batas kewajaran. Karena gratis jangan segan-segan untuk sekedar membeli camilan yang dibikin warga desa sembungan sikunir ya gaes. 


Pos pendakian telaga cebongan
Sebelum naik ke puncak sikunir kita akan di suguhkan dengan keindahan telaga cebongan. telaga yang masih sangat alami dengan backgrounf tebing-tebing puncak sikunir. Biasanya para pendaki yang mendirikan tenda di pinggir telaga cebongan.

Ditelaga cebongan sendiri sudah berdiri warung-warung makan kecil yang siap memanjakan perut anda. hehe. Apalagi pendakian memakan waktu kurang lebih 45 menit – 1 jam. Disana pemilik warung sudah mempersiapkan api unggun untuk sekedar mengusir dingin.

Pos Pendakian telaga cebongan baru akan dibuka oleh pengurus sekitar jam 02.00 dinihari. Alasanya simpel, mereka hanya mengantisipasi kecelakaan ataupun hal-hal diluar dugaan yang terjadi. Maklum saja karena jalur pendakian melewati tebing-tebing  dan jurang. 


Golden Sunrise puncak sikunir
Jalur pendakian menuju puncak sikunir tidak begitu sulit. pengurus sudah mebuka beberapa jalur. tinggal mengikuti petunjuknya saja. Hanya saja kita juga harus membawa senter, karena memang tidak ada penerangan di puncak sikunir. Menurut informasi golden sunrise sikunir terbaik akan muncul antara akhir desember dan awal januari. jadi jangan kaget kalau pada tanggal-tanggal itu puncak sikunir sangat ramai oleh pendaki.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger