Headlines News :
Home » , » Tebing Keraton, Wisata Hits di Dago Bandung

Tebing Keraton, Wisata Hits di Dago Bandung

Written By Ayok dicoba on Monday, October 31, 2016 | 3:16 PM


Tebing Keraton, Wisata Hits di Bandung 
Tempat wisata Tebing Keraton di Bandung yang satu ini baru muncul sekitar bulan Mei 2014. Dan founder dari tebing keraton ini namanya Pak Asep. Banyak yang bilang ini “Tebing Keraton”, padahal nama aslinya sunda abis loh, “Tebing Karaton” yang artinya itu Kemegahan Alam menurut papan informasi mengenai cikal bakal Tebing Keraton yang ada disana.

Ketinggian Tebing Keraton yang berada tepat di daerah Dago Pakar ini sekitar 1200 mdpl, bagus banget buat sobat Ayokdicoba.com yang mau lihat pemandangan hutan dari atas tebing.

Disini sobat Ayokdicoba.com bakalan dapet view dari ketinggian Bandung yang berbeda dari biasanya. Kalau di Bukit Bintang, Moko dan sebagainya sobat bakalan dapet pemandangan lampu kota yang keren di malam hari, nah kalau disini sobat bakal dapet pemandangan dari Taman Hutan Ir. H. Juanda dari ketinggian. Pokoknya sejuk banget, ngeliat pemandangan yang serba hijau.

Tebing Keraton sendiri termasuk habitat sementara bagi elang yang bermigrasi. Sekitar bulan Oktober-November, biasanya elang dari Asia ke Australia melintasi daerah itu. Jumlahnya pun bisa ratusan dan sekitar bulan April, elang dari Australia kembali lagi ke Asia. Untuk mengamati momen migrasi burung ini, pihak Tahuran menyediakan camping ground seluas lapangan sepak bola. Untuk memfasilitasi burung-burung yang bermigrasi, pihak Tahura kini giat menanam jenis pepohonan berbuah yang digemari burung-burung itu.

Ada tips nih buat kalian yang mau kesini, kalo bisa usahain bawa jaket, sama sepatu. Karena hawa disini lumayan dingin apalagi pas pagi hari dan hati-hati juga tempat berpijak di tebing cukup licin loh dan pengamanan disini belum terlalu bagus, baru dipasangin bambu-bambu sebagai pagarnya. Ya mungkin karena masih baru, intinya walaupun nyali kalian gede tetep berhati-hati yaa.

Biaya masuk ke Tebing Keraton itu Rp 11.000,- per-orang. Itu udah termasuk asuransi jiwa loh. Biaya parkir motor Rp. 5.000,- dan untuk parkir mobil Rp 10.000,-.

Rute Jalannya ke Tebing Keraton:
Di Dago Pakar, sobat harus menemukan lokasi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Dari arah Dago atas, cari plang tulisan Dago Pakar/Bukit Pakar, ikutin terus nanti sobat bakal temuin gapura Taman Hutan Raya dibagian kiri. Dari gapura Taman Hutan Raya itu kira-kira perjalanan ke atas sekitar 3.5 Km. Intinya kalau mau kesana ikutin jalan besra, ikutin plang Dago Pakar/Bukit Pakar, terus ketemu rumah-rumah gede dan disekitar itu bakal muncul plang Tebing Keraton, plang khusus Tebing Keraton ini cukup kecil sih, jadi sobat harus lebih jeli. Kalo sobat bingung gak usah malu-malu nanya sama warga sekitar ya, mereka bakal menjawab dengan ramah dan pasti dikasih unjuk jalan yang benar.


Perjalanan yang cukup berliku dan naik turun bakal terbayarkan sama pemandangan yang kece, oh iya jangan dateng kesini lebih dari jam 6 magrib, soalnya udah tutup dan ngapain juga ngeliatin hutan yang gak ada lampunya hehe. Akhir kata, selamat jalan-jalan kesini sobat!
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger