Headlines News :
Home » » 9 TIPS AMPUH LOLOS SBMPTN

9 TIPS AMPUH LOLOS SBMPTN

Written By Ayok dicoba on Friday, November 18, 2016 | 9:50 AM



TIPS AMPUH LOLOS SBMPTN




Bagi Anda yang ingin melanjutkan belajar ke perguruan tinggi tentu sudah melakukan berbagai persiapan. SBMPTN sendiri adalah seleksi bersama yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak seluruh indonesia berupa ujian tulis yang bertujuan untuk masuk ke perguruan tingg negeri yang ada di Inonesia. SBMPTN itu sangat berbeda sekali dengan SNMPTN yang menggunakan nilai raport dan prestasi untuk menjadi syarat utama kelulusannya. SBMPTN murni menggunakan hasil tes tertulis peserta sebagai indikator lolos atau tidaknya. Perlu anda ketahui, kualitas soal-soal SBMPTN lebih rumit dibandingkan dengan soal UN, oleh sebab itu diperlukan Tips dan Trik agar anda dapat dengan mudah Lolos SBMPTN 2017. Berikut Tips dan Trik Lolos SBMPTN 2017 :


Siapkan Niat yang Kuat

Niatkanlah pada diri anda bahwa anda belajar itu murni karena Allah. Serta niatkan pada diri anda bahwa anda pasti bisa menembus Perguruan Tinggi Negeri yang anda cita-citakan.


Persiapkan Fisik dan Mental

Persiapan Fisik dan Konsentrasi prima sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, perhatikan pola makan anda dan dianjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian. Tidak kalah penting ialah persiapan mental. Aturlah emosi agar tetap tenang, hindari perasaan tegang, cemas, khawatir sebab jika tidak mampu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberikan dampak negatif. Salah satu cara untuk mengendalikan emosia ialah dengan berdoa.



Download Soal-soal SBMPTN atau membeli buku SBMPTN

Ini sangatlah penting  untuk anda yang sungguh-sungguh belajar untuk lolos SBMPTN 2017 dan rajinlah berlatih untuk mengerjakan soal-soal. Pertahankan 1 mata pelajaran yang paling anda senangi dan kuasai, kemudian imbangi dengan materi yang lain, hal ini bermanfaat ketika kalian mengerjakan soal nanti.



Belajar tambahan (Bimbel)

Bagi yang mempunyai banyak uang, Bimbingan belajar sangatlah penting. Bagi anda yang tidak mempunyai budget buat bimbel anda dapat mendownload soal-soal dan berlatih sebagai Solusinya.


Periksa Soal

Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda. Kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapi dan tidak boleh terlipat. Mintalah kertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor, rusak, dan terlipat.



Baca Perintah Ujian dan Kerjakan Soal yang paling mudah


Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu-buru, sebab sering kali mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban. Kerjakan soal dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu, lalu teruskan ke tingkat yang lebih sulit. Kerjakan soal-soal dengan tenang dan tidak terburu-buru. Untuk soal pilihan ganda, berhati-hatilah ketika melingkari, jangan sampai satu nomor terisi dua kali.



Sisihkan 5% dari Total Waktu untuk Periksa Kembali Jawaban

Periksa kembali seluruh jawabanmu mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dahulu keluar. Pastikan lembar jawaban anda bersih, tidak ada bekas coretan dan serbuk penghapus yang tertinggal.


Lupakan dan Tinggalkan

Sesudah anda mengerjakan soal SBMPTN janganlah anda menanyakan soal-soal yang anda tadi kerjakan kepada teman atau siapapun itu. tujuannya agar anda tidak terlalu stress terhadap apa yang telah dikerjakan tadi oleh anda.


Berdo’a

Usaha tanpa diimbangi dengan doa, sama saja bohong. Oleh karena itu, rajin-rajinlah beribadah dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan. Semoga jawaban terbaik akan anda peroleh saat pengumuman nanti. Dan jangan lupa optimislah.



Demikian tips agar anda dapat mengerjakan soal SBMPTN dan dapat Lulus Ujian SBMPTN 2017. Semoga bermanfaat !
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger