Headlines News :
Home » » Beberapa Dosa yang Biasa Dilakukan Pembeli Online

Beberapa Dosa yang Biasa Dilakukan Pembeli Online

Written By Ayok dicoba on Monday, November 7, 2016 | 8:22 PM





Awas! Inilah Beberapa Dosa yang Biasa Dilakukan Pembeli Online. Anda Pernah Melakukannya?

Jual beli online sekarang sudah menjadi hal biasa. Pernah membeli barang secara online? Hati-hati yaa, sekalipun kita mengenal ungkapan 'pembeli adalah raja' tapi jangan sampai melakukan beberapa perbuatan dosa yang banyak dilakukan berikut ini:
  
         1. Mengganggu di luar waktu pemesanan yang ditentukan
Pernah memesan produk secara online dengan menelepon costumer service nya di luar jam pemesanan? Misalkan di IG sudah dicantumkan bahwa pemesanan dilayani jam 9 sampai jam 5 sore, tapi kita malah menghubunginya jam 12 malam? Dengan menelepon pula, padahal sudah tercantum bahwa pemesanan yang dilayani hanya melalui SMS atau Whats app misalnya. Hati-hati, jangan-jangan apa yang kita lakukan telah mengganggu ketenangan orang lain.
“Abdullah Bin Umar berkata bahwa Nabi SAW telah bersabada “ Seorang muslim adalah orang yang menyebabkan orang–orang islam (yang lain) selamat dari lisan dan tangannya.” (H.R Bukhari, Abu Dawud, Dan Nasa’i)

        2. Melaknat penjual hanya karena merasa tidak dilayani dengan baik
Ada pembeli yang langsung bersumpah serapah bahkan melaknat penjual ketika pesan yang dikirimkannya melalui chat tidak segera dibalas. Padahal Rasulullah telah memperingatkan, "Seorang mukmin bukanlah orang yang suka mencela dan bukan orang yang suka melaknat serta bukan orang yang suka bicara jorok dan kotor.” (HR. Al-Bukhari)
Kalau memang ingin menyampaikan kekecewaan pada pelayanan penjual, kita bisa menasihati atau memberikan masukan yang baik.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Barangsiapa melaknat seorang mukmin maka seakan-akan dia membunuhnya.” (HR. Al-Bukhari)  
 
         3. Penipuan
Ada pembeli yang menipu dengan cara mengaku telah mentransfer uang padahal belum, mereka mengedit struk atm agar seolah-olah telah melakukan transaksi. Penjual harus berhati-hati dengan modus penipuan pembeli online seperti ini. Selain itu ada juga yang menipu dengan cara meminta penjualan secara COD (cash on Delivery), tapi ketika barang dikirim COD, saat terjadi pertemuan malah mengaku sudah mentransfer atau tak bawa uang tunai akan ditransfer nanti, padahal janji tersebut hanya untuk menipu saja.


          4. Menawar dengan memaksa atau minta bonus ini itu dengan menyakiti perasaan si penjual
"Mba, kasih diskon 30% dong, pelit banget sih!"
Kalau sekadar bertanya ada diskon atau tidak masih oke, tapi kalau sampai memaksa,  lebih baik beli di tempat lain saja daripada lisan/ tangan kita sampai mengganggu orang lain.
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi..." (QS. Muthaffifin: 1-2)

Semoga kita tidak melakukan 'dosa-dosa' tersebut, karena sungguh tak membawa manfaat, malah justru bisa merugikan diri kita sendiri.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger