Headlines News :
Home » » Benarkah Beberapa Hal Ini Merupakan Tanda-tanda Kematian Seseorang?

Benarkah Beberapa Hal Ini Merupakan Tanda-tanda Kematian Seseorang?

Written By Ayok dicoba on Tuesday, November 1, 2016 | 3:22 AM


Benarkah Beberapa Hal Ini Merupakan Tanda-tanda Kematian Seseorang?

“Setiap jiwa pasti akan merasakan mati” (QS. Ali Imran: 185)
Kematian adalah rahasia ilahi, tapi benarkah orang yang akan meninggal menunjukkan beberapa tanda-tanda atau isyarat kematian?
Imam Al Qurthubi menjelaskan tanda-tanda itu dalam kitabnya At Tadzkirah. Bahwa malaikat maut pernah ditanya oleh seorang nabi, “ Tidakkah engkau punya delegasi yang kau suruh mendahuluimu agar manusia bersiap-siap mendatangimu?”

Malaikat maut itu menjawab, “Sebenarnya aku memiliki banyak delegasi, berupa gangguan dan penyakit, uban, berbagai hal menyedihkan, berkurangnya pendengaran dan penglihatan. Jika manusia ditimpa hal-hal itu tidak sadar juga dan tidak mau bertaubat, maka ketika aku datang aku menyerunya ;Bukankah sudah banyak delegasi yang datang sebelumku, peringatan demi peringatan? Dan aku adalah delegasi terakhir dan tidak ada peringatan lagi sesudahku.”

Terlebih lagi jika sudah diuji dengan penyakit atau salahsatu anggota keluarga kita menderita sakit berat, secara medis beberapa hal berikut menjadi tanda-tanda telah dekatnya kematian seseorang yang menderita sakit:

1. Lelah dan mengantuk

Perubahan metabolisme membuat pasien tampak tidak bertenaga, lelah, dan mengantuk. Sehingga ia akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur dan bisa jadi tidak sadarkan diri dalam tidurnya.

2. Tidak ingin makan atau minum
Pasien cenderung menolak makan atau minum dan terlihat kesulitan dalam mengonsumsi makanan, minuman ataupun obat melalui mulut. Menjelang kematian, tubuh tidak mampu lagi memproses makanan dengan baik.

3. Perubahan nafas
Pasien dapat mengalami perubahan pernafasan, misalnya nafas berubah menjadi lebih cepat, lebih dalam dan tidak teratur. Bisa jadi terdapat jeda beberapa waktu disela tarikan nafas. Tubuh secara alami memproduksi dahak di dalam sistem pernafasan. Dahak ini secara alami akan terbuang melalui batuk. Namun jika tubuh sudah tidak banyak bergerak dan mendekati kematian, dahak menumpuk dan menimbulkan bunyi tarikan nafas.

4. Tangan dan kaki dingin
Perubahan sirkulasi tubuh menyebabkan kaki dan tangan pasien terasa dingin. Kekurangan oksigen dalam darah dapat menyebabkan kulit berubah warna menjadi kebiruan. Kaos kaki dan selimut tidak dapat menghilangkan rasa dingin.

5. Enggan berinteraksi
Penurunan aliran darah dan kadar oksigen dalam otak adalah tanda kematian sudah dekat. Kondisi ini membuat seseorang cenderung menarik diri atau enggan bicara. Secara psikologis, ini meurpakan cara seseorang untuk menarik diri dari dunia untuk lebih merefleksikan diri sendiri dan bersiap untuk dipanggil Allah. Jika pasien memang sudah tidak dapat bicara, pegang tangan atau kepalanya saat Anda bicara di telinganya dan berbicaralah dengan volume suara rendah, tuntun orangtersebut untuk melafadzkan syahadat

6. Menjelang akhir hidup pasien sering mendadak terlihat lebih sehat dan berenergi. 
Menjelang akhir hidup pasien sering mendadak terlihat lebih sehat dan berenergi. Padahal itu bisa jadi bagian dari proses alami tubuh sebelum dia mengembuskan nafas terakhir.


Cukuplah kematian menjadi sebaik-baiknya pelajaran bagi setiap insan, setiap insan pasti akan menemui ajalnya hanya saja kita menunggu kapan giliran kita, untuk itu selalu bersiaplah untuk dijemput dan kembali kehadapn Nya. Bayangkan jika kita akan mati besok, in shaa Allah hari ini kita akan mengusahakan yang terbaik. Semoga bermanfaat
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger