Headlines News :
Home » , , , » Candi Gedong Songo, Candi Indah di Dataran Tinggi Semarang

Candi Gedong Songo, Candi Indah di Dataran Tinggi Semarang

Written By Ayok dicoba on Wednesday, November 9, 2016 | 1:41 AM


Candi Gedong Songo Semarang, Candi Dengan Pemandangan Alam yang Bagus - Candi Gedong Songo Semarang, memiliki pemandangan yang sangat indah. Mulai dari pemandangan hutan pinus, kabut tipis, hingga pepohonan hijau. Bagi anda yang menyukai pemandangan seperti ini anda bisa mengunjungi tempat wisata Candi Gedung Songo di Kota Semarang ini.

Sejarah Candi Gedong Songo
Pada tahun 1740, kompleks candi ini ditemukan oleh Loten. Dan pada tahun 1804, seseorang yang bernama Raffles mencatat kompleks ini menggunakan nama Gedong Pitoe, kenapa bukan Gedong Songo? Karena dulu yang ditemukan hanya 7 kelompok bangunan saja. Tahun 1925 Van Braam pun membuat publikasi, tahun 1865 Hoopermans dan Friederich membuat tulisan mengenai Gedong Songo. Tahun 1908 dilanjutkan Van Stein Callenfels yang meneliti kompleks candi, tahun 1910 hingga 1911 Knebel melakukan inventarisasi.

Candi Gedong Songo dibangun di abad ke sembilan Masehi, nama candi ini dibuat menggunakan bahasa Jawa. Bagi Anda yang mengerti bahasa Jawa tentu sudah tidak asing lagi dengan kata “Gedong” dan “Songo”. Di mana gedong itu berarti bangunan atau rumah, sementara songo itu berarti sembilan. Jika diartikan seluruhnya Gedong Songo itu berarti 9 bangunan, dalam hal ini 9 kelompok bangunan candi.

Karena berada di dataran tinggi, suhu udara di wilayah Gedong Songo sangat dingin, yakni 19 – 270 Celcius. Mungkin bagi Anda yang tak kuat dengan suhu dingin, sebaiknya menyiapkan baju hangat. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kaos kaki, sarung tangan, dan sepatu olahraga juga. Namun sesungguhnya suhu dingin ini menjadikan tempat ini lebih cocok lagi sebagai wisata alam dataran tinggi, jauh dari yang namanya polusi udara, bebas kebisingan kendaraan juga. Selain candi yang lokasinya tersebar, pemandangan alam yang sangat indah dan alami, hutan pinus, kabut, Anda juga akan menemukan mata air dengan kandungan belerang. Dahulu pernah ada yang menyebutkan jika belerang ini bagus untuk mengatasi sakit kulit. Sekarang, mari membahas mengenai candinya.

Sumber air panas di Candi Gedong Songo
Di antara Candi Gedong IV dan Candi Gedong III, ada sumber air panas yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mandi. Sumber air panas inilah, seperti yang disebutkan sebelumnya, yang memiliki kandungan belerang.

Tiket masuk Candi Gedong Songo
Tiket masuk Candi Gedong Songo cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000,- per orang untuk tiket masuk dewasa. Rp. 25.000,- per orang untuk tiket masuk wisatawan asing. Selain masuk Candi beberapa harga tiket lainnya adalah :

1. Ke air panas Rp. 40.000,- Wisman Rp. 60.000,-
2. Wisata desa Rp. 25.000,- Wisman Rp. 35.000,-
3. Paket Candi Songo Rp. 50.000,- Wisman Rp. 70.000,-
4. Ke Candi II Rp. 30.000,- Wisman Rp. 40.000,-

Lokasi Tiket masuk Candi Gedong Songo
Lokasi Tiket masuk Candi Gedong Songo  adalah di Dusun Darum, di Desa Candi, Kec. Bandungan, Kab. Semarang. Atau di lereng Gunung Ungaran

Rute Menuju Candi Gedong Songo
Jika hendak ke Candi Gedong Songo ini, waktu perjalanan 40 menitan, jika berangkat dari kota Ambarawa. Harap hati-hati karena kemiringannya benar-benar tajam.

Rute dari arah Jogja, dan Magelang. Dari arah Jogja ikutilah jalur ke Semarang. Sesudah tiba di Ambarawa - Pertigaan - Ambil jalur kiri - Lurus - Pertigaan Bandungan - Ambil jalur kiri & terus lurus - POM Bensin Palbapang Sumowono - Pertigaan - Ambil jalur kanan - Lurus - Tiba di tempat tujuan.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger