Headlines News :
Home » » Cara mencegah serangan penyakit stroke yang membahayakan

Cara mencegah serangan penyakit stroke yang membahayakan

Written By Ayok dicoba on Monday, November 14, 2016 | 1:37 AM



Cara mencegah serangan penyakit stroke yang membahayakan

 
Penyakit stroke terjadi ketika aliran darah ke otak berhenti yang dapat membuat otak rusak dan seseorang meninggal dunia. Resiko terkena serangan stroke akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia seseorang dan juga pola hidup yang dijalani.

Di artikel ini tips dan trik akan memberikan beberapa tips ampuh yang dapat mengurangi resiko terkena stroke, diantaranya:

1. Berolahraga

Selain olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, latihan secara teratur juga dapat meningkatkan kinerja organ jantung dan pembuluh darah. Tidak perlu berlatih seperti atlet, cukup lakukan olahraga ringan atau aktivitas seperti berjalan kaki mengitari lingkungan perumahan, bersepeda, dan lainnya minimal 30 menit setiap harinya.



2. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Ubah diet Anda dengan mengkonsumsi makanan yang tidak (atau sedikit) mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi agar kadar kolesterol dalam darah tidak membahayakan, diantaranya:
– Menggunakan minyak zaitun atau canola safflower untuk memasak
– Mengurangi penggunaan garam dalam makanan
– Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
– Saat memakan daging pilihlah bagian yang berlemak rendah seperti daging sapi merah ataupun memakan ayam (bagian dada) tanpa kulitnya. yang berlemak rendah seperti

3. Minum Air putih

Orang yang meminum air putih lebih dari 6 gelas tiap harinya memiliki peluang hidup (tidak meninggal) 2 kali lebih besar dibanding orang yang tidak meminum air putih saat mengalami serangan stroke.

Hal ini dikarenakan hidrasi tubuh yang normal membuat darah mengalir dengan lancar, sementara dilain pihak bila tubuh dehidrasi atau kurang cairan akan menggangu peredaran darah dan beresiko lebih besar akan pembekuan darah.

4. Menjaga berat badan

Apakah berat badan Anda berlebih? Berat badan yang berlebih akibat lemak dan kolesterol dapat membuat penyumbatan aliran darah ke otak. Selain itu tubuh yang berat badannya over dapat membuat jantung bekerja lebih keras dari semestinya dan meningkatkan tekanan darah.

Ini artinya bila Anda menurunkan berat badan maka secara otomatis kedua faktor penyebab stroke tersebut dapat diminimalisir.

5. Awasi Tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi adalah faktor seseorang dapat terserang penyakit stroke. Meskipun demikian banyak orang yang memiliki tekanan / tensi darah tinggi dapat menurunkannya dengan pola hidup yang sehat.

6. Hindari minuman beralkohol

Upayakan hindari minuman beralkohol karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan tekanan darah dan membuat tubuh menimbun lemak dan membuat berat badan naik. Kalaupun Anda harus minum, batasi maksimal 2 gelas (pria) dan 1 gelas untuk wanita.

7. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuat seseorang terkena stroke karena kandungan zat karbon monoksida dan nikotin di dalam asap rokok dapat merusak sistem kardiovaskular dan mempersempit pembuluh darah serta menyebabkan darah menggumpal. Jadi bila Anda perokok usahakan menghentikan kebiasan merokok, memang sulit tapi manfaatnya sangat penting membantu pencegahan penyakit stroke.

8. Aspirin

Aspirin telah dibuktikan beberapa penelitian sangat membantu dalam mencegah orang terkena serangan stroke. Fungsi aspirin dapat mencegah pembekuan darah dan biasanya dokter memberikannya kepada orang yang sudah terkena stroke. Tapi pastikan konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi aspirin.

Kesimpulannya, pola hidup sehat dengan komsumsi makanan yg sehat, olahraga teratur dan mengurangi zat kimia asing masuk kedalam tubuh sangat ampuh mencegah serangan stroke.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger