Headlines News :
Home » » Cara Mengerjakan Shalat Witir Terlengkap

Cara Mengerjakan Shalat Witir Terlengkap

Written By Ayok dicoba on Sunday, November 20, 2016 | 10:11 PM



Cara Mengerjakan Shalat Witir Terlengkap



Cara Mengerjakan Shalat Witir – Pengertian Shalat Witir adalah Shalat Sunah dg jumlah Raka’at satu, dua, tiga, lima, tujuh dan maksimal sebelas Raka’at yang dikerjakan setelah Shalat Isya sampai terbitnya fajar atau masuk waktu Shalat Subuh dan untuk Hukum Mengerjakan Shalat Witir ini ialah sunah tetapi shalat sunah yg sangat penting untuk di kerjakan karena Alloh Swt sangat menyukai witir seperti Hadist yg berbunyi, ” Hai Para Pencita – cita Al-Qur’an kerjakanlah Shalat Witir sebab Alloh Swt itu tunggal dan dia suka kpd bilangan witir ”.


Sedangkan untuk Cara Shalat Witir ini bisa dilakukan dg jumlah Raka’at minimal 1 Raka’at dan Maksimal 11 Raka’at tetapi dalam bilangan ganjil karena Nabi Muhammad Saw tak pernah mengerjakan Shalat Witir melebihi sebelas Raka’at dan Cara Mengerjakan Shalat Witir ini jg bisa dg jumlah 2 raka’at dg satu salam. Kemudian jika di bulan Ramadhan kita disunahkan untuk mengerjakan witir ini pd raka’at terakhir yakni sesudah i’tidal dan biasanya dilakukan dg jumlah raka’at 1 atau 2 raka’at tergantung imam Shalat pd waktu Tarawih.

Keutamaan Shalat Witir dan Manfaat Shalat Witir bagi seseorang yg mengerjakan-nya akan mendapatkan pahala yg begitu besar karena Alloh Swt sangat mencintai witir dan menyukai sesuatu yg ganjil dan Nabi Muhammad Saw jg pernah bersabda yg berbunyi, ” Sesungguhnya Alloh Swt telah menambahkan kalian dg Satu Shalat yg Shalat itu lebih baik untuk dirimu dari pd unta yg merah yakni Shalat Witir ”.

Melihat Keistimewaan Shalat Sunah Witir diattas maka ada baiknya jika anda mulai mengerjakan Shalat Witir dan mengetahui Tata Cara Shalat Witir dg benar sehingga anda dlm mengerjakan Shalat Witir ini dpt bermanfaat dan berkah untuk anda.


Tata Cara Mengerjakan Shalat Witir

Tata Cara Mengerjakan Shalat Witir sebenarnya masih sama dg Tata Cara Shalat pada umumnya seperti Shalat Wajib dan Shalat sunah lainnya yang di awali dg Niat Shalat, Takbiratul Ikhram dan di akhirii dg Salam. untuk perbedaannya hanya terletak pada Niat Shalat dan Bacaan Doa Setelah Shalatnya saja sehingga anda harus mengetahui dan menghafalkan dg betul Niat Shalat Witir seperti dibawah ini.






Terjemahan Niat Shalat, ” USHALLI SUNNATAL WITRI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA”. Kemudian setelah membaca Niat Shalat Witir tinggal Takbiratul Ikhram, Membaca Surat Iftitah dan Surat Al Fatihah.


Tata Cara Shalat Witir setelah membacaa Surat Al Fatihah ialah membaca Suratan terserah anda, disini saya mencontohkan membaca Surat Al Ikhlas karena selain pendek namun mempunyai banyak sekali keutamaannya.



Catatan bahwa surat al ikhlas dibacakan di Raka’at pertama dan setelah itu Cara Mengerjakan Shalat Witir selanjutnya Ruku, Itidal, Sujud dan kembali ke Raka’at Kedua Sampai selesai (Salam) dan sekali lagi Cara Melaksanakan Shalat Witir dari gerakan dan doa shalatnya masih sama seperti shalat pd umumnya.

Doa Setelah Shalat Witir
Doa Setelah Shalat Witir ini dibacakan setelah anda selesai menunaikan Shalat Witir dan kalau bisa ditambahkan dg membaca Suratan Dzikir yg berguna untuk mendekatkan anda dg Alloh Swt.




Bacaan Doa Habis Shalat Witir diatas sangat panjang dan susah untuk dihafalkan sehingga kita bisa menulis sendiri di kertas dan membacanya secara langsung jika mengalami kesulitan menghafalkan-nya.  Semoga bermanfaat yaa sobat

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger