Headlines News :
Home » » Dosa-dosa yang Sering Dilakukan Penjual Online

Dosa-dosa yang Sering Dilakukan Penjual Online

Written By Ayok dicoba on Monday, November 7, 2016 | 8:29 PM



Dosa-dosa yang Sering Dilakukan Penjual Online





Anda menjual produk secara online? Apapun yang Anda jual waspadalah beberapa dosa ini sering dilakukan para penjual online, jangan sampai kita ikut-ikutan melakukannya
      

                1.      Foto dan diskripsi produk tidak susuai aslinya
Karena pengaruh kecanggihan teknologi saat ini, biasanya ada perbedaan antara kondisi produk aslinya dengan yang ada di foto. Baik dari segi warna, kualitas dll. Penjual hendaknya memberi penjelasan kepada pembeli agar pembeli tidak merasa tertipu, kare lighting kamera juga bisa membuat warna produk berbeda dengan aslinya. Dekripsi juga harus diberikaan sesuai keadaan barang yang sesungguhnya, tidak boleh dilebihkan atau dikurangkan. Jadilah pedagang yang jujur
“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada.” (HR Tirmidzi no. 1209)

               2.      Membuat testimoni palsu
Karena produk yang dijual masih baru dan belum ada pembeli, beberapa penjual online membuat testimoni palsu dengan membagus-baaguskan produk dagangannya untuk meyakinkan pembeli. Hal ini sangat tidak diperbolehkan, apalagi jika kualitas produk berbanding terbalik dengan yang ada di testimoni.
Dari Abdurrahman bin Syibel, ia berkaata: Rasululah SAW bersabda “ Para pedagang adalah tukang maksiat”. Diantara para sahabat ada yang bertanya “Wahai Rasulullah, bukankah Allah telah menghalalkan jual-beli?” Rasulullah menjawab “ Ya, namun mereka sering berdusta dalam berkata, juga sering bersumpah palsu.” (HR. Ahmad).

               3.      Tidak mengecek barang sebelum dikirim sehingga kadang memberikan barang yang cacat atau rusak
Seringkali penjual tidak mengecek kondisi barang pesanan sebelum dikirim, sehingga memberikan barang yang cacat kepada konsumen dan tidak bersedia memberi ganti sebagai kompensasi. Padahal Rasulullah bersabda “Barangsiapa menjual barang jelek dan tak menjelaskannya, maka ia senantiasa dalam murka Allah dan laknat para malaikat.” (HR Ibnu Majah no.2238)

               4.      Lupa bahwa godaan setan amat banyak dalam perniagaan
Karena terlalu asyik berdagang online, akhirnya meninggalkan sholat, lupa berdzikir, lupa sedekah, intinya jadi lupa beribadah.
Rasulullah sudah memepringatkan “ Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa hadir dalam jual-beli, amka iringilah jual-belimu dengan banyak bersedekah” (HR Tirmidzi 1208, ia berkata: “Hadits ini hasan shahih”). 
    
               5.      Tidak peduli halal/haramnya produk yang dijual
Ada penjual online yang menjual obat aborsi, menjual makanna yang tidak jelas halal haramnya, menjual minuman keras, menjual kosmetika yang mengandung merkuri, dll
“Sesungguhnya Allah dan Rasulnya mengharamkan jual-beli arak, bangkai, babi dan berhala.” (HR Bukhari dan Muslim)
Olehkarenanya kita harus berhati hati dengan produk yang kita jual, pastikan benda itu halal dan bermanfaat.

Semoga kita tidak tergolong penjual online yang melakukan dosa-dosa diatas, dan semoga kita terhindar dari dosa-dosa tersebut. Semoga bermanfaat. Jadilah pedagang yang Amin seperti Nabi Muhammad SAW, Yon dicoba!
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger