Headlines News :
Home » » Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam

Written By Ayok dicoba on Monday, November 21, 2016 | 4:46 AM



Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam




Manfaat Puasa Senin Kamis – Puasa Senin Kamis di ajaran Islam adalah salah satu Puasa Sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap Muslim, baik Muslim Laki – Laki ataupun Perempuan di Seluruh Dunia. Puasa Senin Kamis merupakan Puasa Sunnah yang sering diamalkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw semasa hidup beliau dan tentunya Hukum Mengerjakan Puasa Senin Kamis ini sendiri ialah Sunnah yang memiliki pengertian akan mendapatkan Pahala yg banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakannya dan tidak akan mendapatkan Dosa jika tidak menunaikannya.

Kemudian Cara Mengerjakan Puasa Senin Kamis ini sangatlah Mudah karena dilakukan seperti mengerjakan Puasa Sunnah lainnya yang diawali dengan membaca Niat Puasa Senin Kamis sebelum datangnya Imsak dan menahan diri dari segala Godaan Nafsu, Emosi, Makanan dan Minuman dari Waktu Imsak sampai terbenamnya Matahari atau masuk Waktu Shalat Maghrib. Adapun untuk Waktu Mengerjakan Puasa Senin Kamis dilakukan hanya pada hari Senin dan Kamis saja, lalu didalam Niat Puasa Hari Senin dan Niat Puasa Hari Kamis pun terdapat berbedaan sehingga kalian harus memahami Bacaan Niat Puasa Senin Kamis secara baik dan benar agar tidak salah dalam membacakan Niat Puasa Sunnah tersebut.

Lalu Syarat Sah Mengerjakan Puasa Senin Kamis antara lain Niat, Beragama Islam, Berakal Sehat, Suci dari Hadast Besar dan Mampu mengerjakan Puasa Senin Kamis, sedangkan untuk Sahur sebelum Puasa Senin Kamis sendiri terserah kalian sendiri karena tidak harus dilakukan dan didalam Puasa Sunnah Senin Kamis ini tidak terdapat Shalat Tarawih ataupun Shalat Witir. Namun perlu diketahui bahwa meski Hukum Puasa Senin Kamis ini hanya Sunnah tetapi jika kita tidak  mengerjakannya maka kita termasuk sebagai seorang Muslim telah melewatkan Keutamaan Puasa Senin Kamis yang begitu banyak.

Keistimewaan, Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis
Adapun untuk Hadist tentang Perintah Mengerjakan Puasa Senin Kamis selanjutnya ialah Hadist dari HR Turmudzi yang berbunyi, ” Dari Abu Hurairoh R.a bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa seluruh amal diserahkan pada hari Senin dan hari Kamis maka dari itu aku lebih menyukai saat menyetoran amal tersebut dalam keadaan berpuasa (HR. Turmudzi) ”. Oleh sebab itu bagi kalian para Muslim khususnya di Indonesia sebaiknya mulai menunaikan Puasa Sunnah Senin dan Kamis ini karena selain sudah diterapkan oleh Nabi Muhammad Saw di masa lalu, Keistimewaan Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Manusia pun sangat banyak sekali yang dapat kalian peroleh.

Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam
Mengerjakan Puasa Senin Kamis akan mendapatkan pahala yg besar dan dalam hal ini bisa  dilihat didalam Hadist Bukhari yang berbunyi,
” Puasa tersebut milikku dan kebaikan itu akan saya balas dan hendak dilipat gandakan sebanyak sepuluh kali lipat oleh saya sendiri bagi mereka yang mengerjakan Puasa (HR. Bukhari dan Abu daud)”

sehingga jika kita melihat Hadist Bukhari diatas maka sudah dipastikan bahwa mengerjakan Puasa Senin Kamis akan diberikan pahala sebanyak sepuluh kali lipat oleh Allah Swt, walaupun Hukum Puasa Senin Kamis hanya Puasa Sunnah.

Kemudian untuk Keutamaan Puasa Senin Kamis selanjutnya ialah akan mendapatkan Surga, karena dengan mengerjakan Puasa Senin Kamis berarti kalian telah berusaha menjadi salah satu Muslim yang bertaqwa, beriman dan beramal kepada Allah Swt, serta akan terhindari dari siksa api neraka karena perlu kita ketahui bahwa Puasa merupakan salah satu ibadah yg sangat istimewa dihadapan Allah, sehingga mulai dari sekarang marilah mengusahakan untuk mengerjakan Puasa Senin Kamis secara teratur yaaa.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk kesehatan Manusia sendiri sangatlah banyak karena dengan berpuasa maka seseorang akan mengistirahatkan sebagian sistem pencernaan kita dan walaupun akan merasakan lapar tetapi hal tersebut sangat baik untuk kesehatan dan sistem pencernaan kita sehingga sudah bisa dipastikan bahwa dengan mengerjakan Puasa maka tidak akan terjadi kerugian, malah akan mendapatkan manfaat yg luar biasa banyak.
Yok dicoba, ritonkan puasa senin kamisnya, semoga bermanfaat.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger