Headlines News :
Home » » Kiat-kiat Mempererat Tali Silaturahmi

Kiat-kiat Mempererat Tali Silaturahmi

Written By Ayok dicoba on Monday, November 14, 2016 | 9:00 PM



Kiat-kiat Mempererat Tali Silaturahmi



Dalam Islam, silaturahmi merupakan hal yang dianjurkan dan bahkan dianggap sebagai ibadah. Banyak kebaikan yang terkandung dalam silaturahmi, baik bagi kita maupun bagi mereka yang kita kunjungi. Silaturahmi berasal dari bahasa arab yaitu shilah dan rahim. Shilah berarti hubungan, sedangkan rahim berarti kasih sayang. Dari silaturahmi kita berbagi kebahagiaan dan berbagi kasih sayang melalui berbagai momen yang kita lalui bersama saudara dan kerabat.
Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda :
Barangsiapa yang senang diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya (diberkahi), maka hendaklah ia bersilaturrahmi”. (Muttafaq ‘Alaih)
Berikut ini kiat-kiat untuk mempererat silaturahmi dengan saudara dan kerabat.
Dahulukan Saudara Terdekat
Saat melakukan silaturahmi, dahulukan dari saudara yang terdekat dengan kita, saudara yang memiliki hubungan darah terdekat dengan kita. Merekalah orang pertama yang mungkin akan kita butuhkan atau kita perlu untuk hubungi di saat-saat sulit, mereka pula orang pertama yang harus mendengar dan turut merasakan kabar bahagia dari kita. Silaturahmi juga tidak berarti harus selalu pada mereka yang masih hidup, tapi juga pada saudara yang sudah meninggal dengan cara berziarah ke makamnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu “(QS an-Nisa` [4]:1)

Ingat dan Hafalkan Nasab Keluarga Kita
Untuk bisa memulai silaturahmi denagn saudara terdekat, tentu kita harus ingat dan hafal nasab keluarga kita. Mulai kakek-nenek, para keturunannya, dan jika memungkinkan nasab seterusnya ke atas setelah kakek dan nenek.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris mewarisi) menurut Kitab Allah daripada orang-orang Mukmin (lain) dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu mau berbuat baik kepada mereka (saudaramu seiman)…”.
 (QS al-Ahzab [33]: 6)

Ingat-ingat Kebaikan Saudara dan Kerabat pada Kita
Dengan mengingat-ingat kebaikan saudara dan kerabat pada kita, akan memancing kita untuk selalu ingin bersilaturahmi dan berbuat baik juga pada saudara dan kerabat kita. Dengan begitu, saudara dan kerabat juga akan selalu merasa dihargai karena kita selalu mengingat kebaikannya.

Dari Miqdam ra bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:
Sesungguhnya Allah berwasiat agar kalian berbuat baik kepada ibu-ibumu, sesungguhnya Allah berwasiat agar berbuat baik kepada bapak-bapakmu dan sesungguhnya Allah berwasiatkepada kamu agar berbuat baik kepada sanak kerabatmu”. (Silsilah Hadits Shahih; al-Albani)

Hindari Menyakiti atau Mendzalimi Saudara dan Kerabat Sekecil Apapun
Allah dan Rasul mengingatkan agar kita berbuat baik pada saudara dan kerabat. Maka, hindarilah menyakiti perasaan mereka sekecil mungkin. Perasaan sakit hati yang kita timbulkan tanpa kita sadari mungkin akan memutuskan tali silaturahmi kita dengan mereka.

Dari Jubair bin Muth’im bahwa Nabi Saw bersabda:
 “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan hubungan persaudaraan”. (Muttafaq ‘Alaih)

Dalam Al-qur’an juga disebutkan bahwa memutus tali silaturahmi sama seperti membuat kerusakan di muka bumi:
“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan (silaturrahim) “? (QS. Muhammad [47]: 22)

Jadi tunngu apa lagi, mari bersama jaga silaturahmi. Semoga bermanfaat.

Disalin dari mezora.co.id
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger