Headlines News :
Home » » Kisah Ali bin Abi Thalib RA Wafat, Mengharukan

Kisah Ali bin Abi Thalib RA Wafat, Mengharukan

Written By Ayok dicoba on Thursday, November 10, 2016 | 1:16 AM


Kisah Ali bin Abi Thalib RA Wafat, Mengharukan


Ali bin abi thalib Wafat- Ali Ashbagh Al Hanzali berkata:”ketika malam di mana Ali RA, tertimpa mushibah, maka Ibnu Tayyaah mendatanginya ketika jafar terbit dan memberitahukan kepadanya dengan tibanya waktu shalat. Sedang Ali RA tengah berbaring lagi malas-malasan. Lalu Ibnu Tayyaah kembali yang kedua kalinya dan Ali masih dalam keadaan seprti itu. Kemudian Ibnu Tayyaah kembali yang ketiga kalinya, lalu Ali bangun dengan berjalan kaki seraya berkata:

“ikatlah kuat-kuat ikat pinggangmu untuk mati
Sesungguhnya mati akan menjumpaimu,
janganlah kamu besedih hati sebab mati.
Apabila ia datang di lembahmu”

Ketika Ali sampai di pintu kecil, maka Ibnu Muljam menyerangnya lalu memukulnya. Kemudian Ummi Kaltsum anak perempuan Ali RA, keluar, lalu ia berkata: “apa yang terjadi denganku dan shalat subuh ?, suamimu amirul mu’minin (Umar RA) dibunuh pada shalat shubuh dan ayahku dibunuh pada shalat shubuh.”
 Dari seorang syaikh dari golongan quraisy meriwayatkan bahwa Ali ra ketika dipukul oleh Ibnu Muljam maka ia berkata:” Aku menang demi Tuhan Ka’bah”.

Kisah Ali bin Abi Thalib RA Wafat
Dari Muhammad Bin Ali meriwatkan bahwa ketika Ali Bin Abi Thalib dipukul, maka ia berwasiat kepada anak-anaknya, kemudia ia tidak mengucapkan selain Laa Ilaaha Illa Allah, sehingga ia wafat.”
 Ketika Al Hasa Bin Ali Ra, merasa berat, maka Al Husain Ra masuk menghadap kepadanya, lalu ia berkata: “hai saudaraku! Karena apakah kamu bersedih hati, majulah atas nama Rasulullah SAW, dan atas nama Ali Bin Abi Thalib dan keduanya adalah ayahmu, dan atas Khadijah Binti Khuwailid dan Fathimah Binti Muhammad dan keduanya adalah ibumu, dan atas nama Hamzah dan Ja’far dan keduanya adalah pamanmu.” Al Hasan Bin Ali menjawab:
 “hai saudaraku! Saya maju kepada suatu urusan yang tidak pernah saya maju kepada urusan seperti itu.”

 Dari Muhammad Bin Al Hasan RA, ia berkata: “ketika kaum turun dengan Al Husain RA, dan ia yakin bahwa mereka akan membunuhnya maka ia berdiri di tengah-tengah shahabatnya dengan khutbah. Maka ia memuji Allah dan menyanjungNya, kemudian ia berkata:”telah turun dari urusan, apa yang kamu tahu sesungguhnya dunia telah berubah dan kebaikannya telah membelakangi dan lewat dengan cepat, sehingga tidak tersisa daripadanya selain seperti dalam bejana.” Ingatlah, kecukupanku dari hidup adalah seperti tempat gembala yang menyakitkan. Apakah kamu tidak tahu, bahwa kebenaran tidak dapat dikerjakan,dan kebatilan tidak dapat diakhirinya. Hedaklah orang mu’min senang berjumpa dengan Allah ta’ala dan sesungguhnya saya tidak melihat kematian selain kebahagiaan dan hidup bersama orang zhalim selain suatu dosa.

Kisah Ali Bin Abi Thalib RA wafat merupakan kisah yang sangat mengharukan, tidak kurang mengharukan dari kisah pembunuhan Umar RA. Banyak pelajaran dari kisah itu yang dapat kita petik dan kita ambil hikmahnya.

Semoga dengan mendengar kisah-kisah seperti ini kita dapat lebih taat dan sadar terhadap perjuangan Rasulullah SAW dan shahabatnya. Kebanyakan dari mereka meninggal dunia fana ini dengan darah tumpah ke bumi, mengalir dan menjadi saksi ketika hari persidangan yang dahsyat.
Terimakasih atas kunjungannya.
Jika Anda mendapatkan sedikit ilmu dengan isi blog ini silahkan tekan tombol share ke teman-teman Anda agar mereka juga bisa mendapatkan hal yang sama.     
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger