Headlines News :
Home » » Lentok Tanjung Khas Kota Kretek

Lentok Tanjung Khas Kota Kretek

Written By Ayok dicoba on Monday, November 14, 2016 | 10:43 AM


Lentok Tanjung Khas Kota Kretek





Lentog Tanjung terdiri dari 2 kata, lentog dan tanjung. Lentog atau yang biasanya disebut lontong  adalah sebuah makanan yang yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang . Sedangkan tanjung (Tanjungkarang) adalah sebuah desa yang berada tepatnya di kecamatan Jati Kab. Kudus, Jawa Tengah. Ya memang makanan khas pagi ini dahulu hanya berasal dari desa sanadan hanya dijual di sekitar daerah tersebut dan ramai pada saat hari Minggu atau libur. Sekarang pun masih ada, walaupun dibeberapa tempat di lain desa juga berdiri warung warung yang menawarkan lentog Tanjung.



Makanan sederhana ini rasanya memang lezat. Walaupun makanan ini hanya terbuat dari irisan lontong yang disiram dengan kuah opor tahu dan sayur gori / nangka muda. Lentog tanjung biasanya ditemani dengan lauk telur puyuh, gorengan, tempe bacem dll. Dulu sendok yang digunakan terbuat dari daun pisang atau yang disebut suru, tetapi sekarang jarang yang masih menggunakannya.

Untuk mencoba makanan ini ada suatu tempat didaerah Tanjung yang memang sudah disediakan khusus untuk menjual lentog Tanjung. Berderet lapak berwarna orange yang semuanya menawarkan makanan khas Kudus ini. Di spanduk masing masing warung terpampang nama penjualnya. warung buka mulai jam setengah enam sampai pukul 2 siang. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan ini harganya sangat murah kok sekitar Rp 2500- 3000 saja. Yuk kita mencoba kuliner khas Kudus ini.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger