Headlines News :
Home » » Memberi Makanan bagi Orang yang Membutuhkan

Memberi Makanan bagi Orang yang Membutuhkan

Written By Ayok dicoba on Sunday, November 13, 2016 | 9:42 PM


Memberi Makanan bagi Orang yang Membutuhkan



      A.    Keutamaan memberi makanan
Memberikan sebagian makanan kepada orang yang membutuhkan merupakan perbuatan yang tidak hanya terpuji dalam konteks sosial tetapi juga mengandung pahala yang sangat tinggi disisi Allah. Anjuran untuk melakukan kebaikan ini disebutkan dalam hadits berikut:
“Diriwayatkan dari Abdullah Bin Amr bahwa ada seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW., “Amalan apakah yang terbaik dalam islam?” beliau menjawab “Kamu memberi makanan dan menebar salam, baik kepada orang yang kamu kenal ataupun tidak kamu kenal.” (HR Bukhari)

Berdasarkan hadits tersebut memberi makanan kepada orang lain merupakan perbuatan yang bernilai tinggi. Bahkan Rasulullah memberikan status kepada orang yang bersedia melakukannya sebagai orang islam yang terbaik. Mengapa demikian? Sebab orang yang memberi makanan telah menyelamatkan orang lain dari bahaya kelaparan.
Dalam konteks ini pemberian makanan tidak hanya ditujukan kepada fakir miskin, tapi juga bagi tamu dan anak yatim. Dalam pengertian yang lebih luas, orang islam yang baik adalah orang yang memiliki kepekaan terhadap problem sosial .

      B.      Orang yang tidak memberikan makanan di hadapan Allah
Orang yang enggan memberikan makanan kepada orang lain jelas tergolong orang yang kikir, pelit dan tidak mempunyai kepedulian sosial. Orang ini juga menjadi bagian orang yang merugi. Sebab, pada dasarnya memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas, tidak akan mengurangi kekayaan, justru akan menambah rejeki
Dalam BS. Ash-Shaf 61 “Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan”. Denga demikian sangatlah berdosa bagi orang-orang yang tidak mau menyantuni orang yang sngat membutuhkan, sementara ia mempunyai sesuatu  yang dibutuhkan oleh orang tersebut.
Allah SWT telah menyarankan agar sikap murah hati terhadap orang yang membutuhkan harus diasah agar bisa menjadi kebiasaan. Sehingga kita menjadi orang yang beriman.

      C.    Pahala memberikan makanan
Pada hakikatnya Allah memberikan rejeki kepada seseorang bukan hanya untuk ditumpuk dan dimakan sendiri, namun juga dibagi dengan sesama. Sebab, didalam rejeki tersebut terdapat hak orang lain, yakni orang yang membutuhkan.
Sebagai catatan ketika memberikan makanan kepada seseorang harus dilakukan dengan ikhlas sebab  keikhlasan merupakan pangkal utama agar perbuatan yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger