Headlines News :
Home » , , » Museum Kretek Kudus, Saksi Sejarah Kretek di Indonesia

Museum Kretek Kudus, Saksi Sejarah Kretek di Indonesia

Written By Ayok dicoba on Wednesday, November 9, 2016 | 12:36 AM


Museum Kretek Kudus, Saksi Sejarah Kretek di Indonesia - Museum Kretek Kudus adalah salah satu museum rokok yang ada di Indonesia dengan keunikan koleksi sejarahnya. Karena pada umumnya, museum itu mengoleksi peninggalan dari peristiwa masa lalu yang kemudian di pamerkan dan dipajang untuk dilihat oleh para pengunjung. Di museum ini berbeda dengang yang lainnya, karena di museum ini mengoleksi tentang sesuatu yang baru juga bukan hanya mengoleksi sesuatu yang lama.

Museum Kretek berdiri pada 3 Oktober 1986 yang diprakarsai Soepardjo Roestam, gubernur Jawa Tengah, yang gagasan ini muncul ketika beliau berkunjung ke Kudus untuk menyaksikan potensi usaha kretek dalam menggerakkan perekonomian daerah. Museum yang terletak di kota Kudus Jawa tengah ini didirikan guna menyimpan dokumentasi perkembangan kretek di Kudus dan juga tanah air.

Sejarah kretek di Kudus berawal dari kisah seorang H. Jamhari yang mempunyai penyakit asma yang dengan berbagai metode pengobatan yang sudah ia jalani, tetapi asma yang dideritanya tidak kunjung sembuh. Sampai pada akhirnya H. Jamhari mencoba metode yang lain, yakni dengan meracik campuran tembakau dan cengkeh, lalu dibungkus dengan daun jagung kering.

Hasil dari ramuan tersebut dibakar dan dihisap sehingga akan berbunyi kretek-kretek menjadi awal dari produk ini disebut kretek. Metode pengobatan tersebut dilakukan H. Jamhari dengan berulang-ulang, dampaknya mulai bisa ia rasakan dan asma yang dideritanya mulai reda.

Berita terkait racikan obat H. Jamhari mulai tersebar luas di masyarakat sehingga permintaan akan racikan H. Jamhari meningkat drastis. Sejak saat itulah, H. Jamhari mulai untuk memasarkan hasil racikannya dengan luas dan besar-besaran.

Museum Kretek kini sudah memiliki 1.195 koleksi tentang sejarah kretek misalnya dokumentasi kiprah para tokoh pendiri pabrik kretek. Selain itu juga, terdapat juga bahan dan peralatan tradisional pembuatan kretek, tentang hasil produksi, benda-benda promosi, dan proses pembuatan kretek. Museum yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kudus ini telah menyimpan berbagai koleksi sejarah dari masa lalu sampai masa kini.

Museum menjadi salah satu media pembelajaran sejarah yang terpenting. Museum adalah jendela dunia yang mampu untuk membuka mata kita tentang bagaimana mengetahui kronologi dari  suatu peristiwa. Dalam hal ini, menurut saya museum yang menyimpan koleksi sejarah tentang kretek, seperti Museum Kretek Kudus sangat penting keberadaannya. Selain berguna menyimpan dokumentasi perkembangan kretek dari masa lalu, dengan keberadaan museum Kretek juga bisa menyadarkan kita sebagai bangsa Indonesia bahwasanya kretek adalah salah satu simbol perjuangan bangsa ini.

Sejarah Indonesia pun tidak lepas dari adanya Kretek sekarang ini. Maka dari itu, keberadaan museum Kretek akan bisa membuka kesadaran kita dalam melindungi kretek sebagai salah satu simbol sejarah bangsa Indonesia.

Keunikan dari tempat wisata sejarah Kretek Kudus ini menunjukan bahwasanya kretek berkembang dengan sangat pesat di tanah jawa khususnya di kota kudus. Di dalam Museum Kretek Kudus ini diperkenalkan mulai dari sejarah tentang kretek sampai dengan proses produksi rokok kretek, mulai dari cara pembuatan secara manual sampai dengan menggunakan teknologi modern.

Museum Kretek Kudus adalah satu-satunya museum rokok di Indonesia yang di sana juga dapat ditemukan siapa saja tokoh-tokoh yang berperan besar di dalam memajukan bisnis rokok di Nusantara. Bangunan Museum Kretek Kudus yang berdiri di atas lahan dengan luas 2 hektar ini juga terbilang sangat indah dan megah. Di depannya terdapat dua bangunan yang terpisah dengan asitektur rumah adat Kudus dan surau gaya Kudus.

Pada bagian Interior Museum Kretek Kudus dipenuhi dengan berbagai macam patung-patung dan berbagai macam perlengkapan untuk pembuatan rokok. Patung-patung yang bagus tersebut adalah hasil karya dari seniman-seniman Kudus, khususnya dari beberapa kalangan pendidik.

Alamat Museum Kretek
Museum ini berada di Jalan. Getas Pejaten Nomor. 155, Getas Pejaten, Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.


Nah, jikalau anda ingin mengetahui secara detail tentang wawasan kretek di Indonesia. Museum Kretek Kudus ini akan sangat cocok untuk anda kunjungi. Begitulah artikel yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger