Headlines News :
Home » , , , » Pantai Air Manis, Tempat Batu Malin Kundang Bersemayam

Pantai Air Manis, Tempat Batu Malin Kundang Bersemayam

Written By Ayok dicoba on Tuesday, November 22, 2016 | 1:49 AM

Pantai Air Manis, Tempat Batu Malin Kundang Bersemayam


Padang punya Pantai Air Manis yang menyimpan kisah legenda tentang si anak durhaka Malin Kundang. Konon, dia dikutuk menjadi batu oleh ibunya sendiri. Kini, batu yang dipercaya sebagai Malin Kundang yang dikutuk ibunya itu, masih terjaga sampai sekarang dan bisa dilihat oleh wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Air Manis. Banyak pengunjung penasaran untuk bisa melihat secara langsung penampakan batu Malin Kundang yang terkenal itu.

Untuk menuju ke Pantai Air Manis yang berada di sebelah selatan Kota Padang ini, sobat bisa naik kendaraan umum melewati jalan raya Teluk Bayur. Jalannya bisa ditempuh menggunakan bus Trans Padang dengan rute Lubuk Buaya-Pasar Raya-atas Kota, dengan harga tiket sekitar Rp. 4.000,- Dari bus itu sobat bisa turun di Pasar Raya, lalu dilanjutkan dengan menumpang angkot nomor 433. Mintalah kepada supir angkot untuk menurunkan Anda di persimpangan Pantai Air Manis, tepatnya di depan SMA 6 Padang.

Dari sana untuk menuju Bukit Malin Kundang, Anda perlu menggunakan jasa ojek atau mobil pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melewati jalan ini. Jangan khawatir, begitu turun dari angkot, Anda akan menemukan pengendara ojek sudah berjajar di depan gapura jalan. Ongkos menumpang ojek sekitar Rp. 20.000,- sekali jalan.

Perjalanan menuju Pantai Air Manis cukup berkelok-kelok. Jalurnya menanjak sejauh 3 kilometer, dan turunan juga sepanjang 3 kilometer. Setelah melewati jalan yang berliku, sampailah di Pantai Air Manis yang landai. Untuk bisa masuk ke pantai yang tidak berpasir ini, sobat dikenakan biaya tiket masuk sebesarRp. 5.000,-.
Bagi yang belum pernah ke pantai ini, batu Malin Kundang tidak serta merta langsung ditemukan karena 'tersamarkan' dengan bebatuan lainnya. Letak batu ini tepat di daratan Pantai Air Manis. Jika diperhatikan benar-benar, batu ini memang menyerupai sosok manusia yang sedang bersimpuh dan menelungkup. Tampak jelas punggung, tangan serta kepala Malin Kundang si anak durhaka.

Batu ini pun menjadi incaran wisatawan untuk berfoto sampai harus antre dulu. Ada juga fotografer yang menawarkan jasa berfoto dengan Batu Malin Kundang, dimana setiap foto wisatawan harus membayar Rp. 20.000,- saja, dan fotonya langsung bisa sobat bawa pulang.

Di pinggiran pantai juga tersedia pondok-pondok yang dapat disewa jika ingin berlama-lama menikmati sejuknya angin pantai. Satu pondokan ditawarkan dengan harga Rp. 20.000,- dan sobat bisa bersantai di situ sepuasnya.

Ada pula tempat-tempat makan yang menjual makanan hingga panganan seperti rempeyek dan mie cup. Anda juga bisa menikmati segarnya air kelapa langsung dari buahnya. Pokoknya kalau ke Padang, sempatkan untuk mampir ke Pantai Air Manis untuk melihat Batu Malin Kundang.


Jika sepulang dari Pantai Air Manis sobat ingin membeli oleh–oleh, jangan khawatir. Di tepi Pantai Air Manis banyak kios yang menjual berbagai suvenir, seperti kaos, pakaian, tas, dan kerajinan lainnya. Beberapa kios ada yang menjual kerajinan yang terbuat dari batu karang, dengan harga mulai dari Rp. 5.000,- s/d Rp 50.000,-.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger