Headlines News :
Home » , » Resep Jenang Kudus Manis dan Nikmat

Resep Jenang Kudus Manis dan Nikmat

Written By Ayok dicoba on Sunday, November 20, 2016 | 2:21 AM

Resep Jenang Kudus Manis dan Nikmat


Jenang Kudus adalah makanan sejenis dodol Garut yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Jenang Kudus oleh-oleh khas dari Kudus. Secara garis besar, perbedaan antara jenang kudus dan dodol garut terletak pada testurnya. Dodol garut cenderung keras, sebaliknya jenang kudus cenderung empuk. Jenang ini biasanya dijual dalam potongan-potongan kecil, dibungkus plastic bening, dan dimasukkan ke dalam kemasan dus. Di Kudus, ada ratusan industri rumahan pembuat Jenang Kudus. Rasa dari Jenang Kudus adalah manis. Proses produksi dengan adonan bahan tradisional mudah dikerjakan walau secara manual.

Jenang kudus adalah makanan khas Indonesia. Namun, anda tidak hanya akan menjumpainya di dalam negeri, seperti di Jawa, tetapi juga di Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, dan Arab Saudi. Sebagai makanan khas, jenang atau dodol merepresentasikan citarasa masyarakat Indonesia akan sebuah makanan. Sementara itu, untuk kemasan jenang kudus dan Mubarok dipasarkan di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Malaysia, Singapura, Brunei, Hongkong, Arab Saudi, dan tetap pula dipercaya sebagai pemasok makanan kecil bagi maskapai penerbangan Garuda Indonesia, khususnya saat musim haji 2001. Mari kita simak  Resep Jenang Kudus Manis dan Nikmat di bawah ini.

Bahan-bahan:
1. 1 bungkus tepung beras
2. 250 g tepung ketan
3. 1 ½ kg gula merah
4. 100 g wijen
5. 250 g gula pasir
6. 1.500 ml santan dari 2 butir kelapa

Langkah-langkah:
1. Siapkan semua bahan yang diperlukan.
2. Campur tepung beras dan tepung ketan, aduk dengan santan hingga rata
3. Kemudian masukkan gula merah, gula pasir yang sudah dicairkan dan wijen.
4. Masak adonan hingga kental dan aduk-aduk terus hingga benar-benar matang sempurna.
5. Setelah itu tuangkan jenang kedalam wadah.
6. Kemudian bentuk dengan cetakan sesuai selera.
7. Jenang kemudian dibungkus pada plastic putih kecil.
8. Sajikan.

Sejarah Jenang Kudus
Menurut cerita rakyat, jenang kudus lahir ketika Sunan Kudus (salah satu anggota Wali Sanga) menguji kesaktian salah satu muridnya yang bernama Syech Jangkung alias Saridin dengan menyuruhnya memakan bubur gamping di tepi Sungai Gelis di wilayah Desa Kaliputu. Padahal, gamping adalah salah satu hasil tambang yang sebagian besar mengandung kalsium karbonat dan biasanya dicampur dengan semen untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tembok.

Ternyata Saridin tetap segar bugar sehingga Sunan Kudus berucap, ”Suk nek ono rejaning jaman wong Kaliputu uripe seko jenang.” Artinya lebih kurang, jika suatu saat kelak sumber kehidupan warga Desa Kaliputu berasal dari usaha pembuatan jenang. Memang desa yang terletak di wilayah kecamatan Kota Kudus ini dikenal sebagai cikal bakal dan sekaligus pusat produsen jenang kudus. Sampai sekarang masih banyak warga setempat yang berusaha di bidang ini. Jangan lupa coba membuat jenang dari Resep Jenang Kudus Manis dan Nikmat ini ya sobat. Semoga bermanfaat.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger