Headlines News :
Home » , » Resep Nasi Arem-arem Pulen dan Lezat

Resep Nasi Arem-arem Pulen dan Lezat

Written By Ayok dicoba on Thursday, November 17, 2016 | 11:46 PM



Resep Nasi Arem-arem Pulen dan Lezat


Nasi arem arem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah yang biasa disiapkan untuk pengganti nasi dan sayur atau bekal saat bepergian. Rasanya yang enak dan gurih juga pulen membuat orang-oreng menyukainya. Apalagi apabila sobat memasak dengan takaran yang benar, hasilnya akan empuk dan pulen yang snagt memuaskan perut keroncongan.

Makanan ini biasanya terbungkus oleh daun pisang dan membuat rasanya khas aroma daun pisang yang menggoda.  Singkatnya makanan ini beasal dari beras yang dimasak bersama dengan campuran santan serta bahan-bahan lainnya dan disajikan dengan bahan isi yang lezat dalam bungkus daun pisang. Segera sajikan nasi arem buatan anda lewat Resep Nasi Arem-arem Pulen dan Lezat berikut ini.

Bahan-bahan:
1.      250 gram beras
2.      250 ml  santan
3.      2 lembar daun salam
4.      ½ sdm margarine
5.      Garam secukupnya
6.      150 gram tahu
7.      100 gram  tempe
8.      100 gram dada ayam
9.      4 siung bawang putih
10.  5 siung bawang merah
11.  1 sdt cabe merah halus
12.  2 lembar daun salam
13.  1 cm lengkuas
14.  25 ml santan (untuk mematangkan)
15.  1 sdm minyak goreng
16.  ½ sdt garam dapur
17.  ½ sdt saus teriyaki
18.  ½ sdt penyedap rasa

Langkah-langkah:
1.                  Siapkan semua bahan dan bumbu seperti di atas tadi.
2.                  Sebelum arem arem mulai dibuat pastikan beras direndam hingga 1 malam lamanya baru kemudian cuci bersih.
3.                  Lalu campurkan 250 ml santan dengan 1 buah bawang putih yang sudah dimemarkan, 2 lembar daun salam, 1 jumput garam dan ½ sdm margarin kemudian rebus hingga mendidih.
4.                  Setelah itu tambahkan rebusan di atas dengan beras yang sudah direndam dan dicuci bersih,masak hingga santan menyusut kemudian matikan api dan biarkan selama 10 menit lamanya.
5.                  Kemudian goreng tempe dan tahu hingga setengah matang sementara dada ayam direbus hingga matang lalu cubit-cubit atau suwir-suwir.
6.                  Masak bawang putih dengan dirajang halus lalu tambahkan bawang merah. Aduk merata dan tambahkan kembali dengan lengkuas, daun salam serta cabe merah halus, lalu tambahkan suwiran dagng ayam juga tahu dan tempe setengah matang tadi. Aduk kembali hingga tercampur merata.
7.                  Selanjutnya tambahkan kembali masakan dengan santan, garam dapur, teriyaki serta penyedap rasa, aduk merata hingga masakan menjadi matang sempurna. Angkat.
8.                  Terakhir, siapkan daun pisang lalu taruh nasi aron di atasnya dan tipiskan. Beri tambahan bahan isi yang dimasak di atas, kemudian bungkus dan rapatkan bagian ujung lipatan daun dengan lidi untuk selanjutnya dikukus hingga setengah jam lamanya sampai matang sempurna. Angkat dan pindahkan ke wadah.
9.                  Sajiakan.

Demikian Resep Nasi Arem-arem Pulen dan Lezat dan cara penyajian makanan nasi arem arem khas Jawa Tengah ala dapur rumah sobat masing-masing.  Dapatkan sajian resep masakan khas nusantara lainnya hanya di makanajib.com, terasa sedap terasa mantap. Sgera dicoba buat ya semoga bermanfaat.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger