Headlines News :
Home » » Sarapan Sehat dan Manfaatnya

Sarapan Sehat dan Manfaatnya

Written By Ayok dicoba on Friday, November 18, 2016 | 6:37 AM



Sarapan Sehat dan Manfaatnya








Sarapan di pagi hari merupakan salah satu tips kesehatan yang harus rutin Anda lakukan, terutama apabila Anda ingin memiliki hari yang lebih baik, dan jika Anda ingin tubuh serta otak Anda bisa menghadapi hari yang berat di sekolah maupun di tempat kerja jangan pernah lewatkan sarapan.
Sadar atau tidak, sebenarnya sarapan sangat bermanfaat bagi siapapun. Bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa sarapan di pagi hari lebih penting daripada makan di siang hari.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat sarapan di pagi hari dan beberapa makanan terbaik yang cocok untuk digunakan sebagai menu sarapan.
Manfaat Sarapan
Meningkatkan Konsentrasi
Apabila kita akan melakukan aktivitas, baik di tempat kerja maupun di sekolah, kita setidaknya pasti akan menggunakan otak untuk berpikir. Sayangnya apabila kita berfikir dan memeras otak dengan perut yang kosong, konsentrasi akan sangat sulit terjaga. Oleh sebab itu, agar konsentrasi terjaga dan otak bisa bekerja dengan maksimal, Anda membutuhkan sarapan pagi yang sehat.
Selain itu, apabila anak-anak pergi ke sekolah dalam keadaan lapar, mereka pun akan kesulitan untuk berkonsentrasi dan menerima pelajaran yang diberikan oleh guru mereka. Jika Anda ingin anak berprestasi, biasakanlah sarapan sejak dini.
Energy Booster
Mendapatkan lonjakan energi di pagi hari tentu akan membuat Anda lebih bersemangat pergi ke tempat kerja maupun untuk melakukan berbagai aktivitas harian lainnya. Sarapan yang mengandung nutrisi, vitamin dan mineral akan membuat sel-sel di tubuh Anda bekerja dengan maksimal.


Mencegah Obesitas
Obesitas merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan saat ini. Ternyata kegemukan atau obesitas bisa disebabkan karena tidak rutin sarapan. Lalu apa hubungannya antara obesitas dengan sarapan?
Orang yang tidak sarapan cenderung untuk makan dalam jumlah yang banyak di siang hari, sehingga hal tersebut menyebabkan kenaikan badan secara signifikan. Apabila Anda secara rutin sarapan, maka di siang hari perut tidak akan terlalu lapar. Dengan begitu, makan siang pun tidak berlebihan.
Memperbaiki Mood
Apabila Anda sering merasa tidak mood dalam bekerja maupun belajar di sekolah, cobalah memperbaikinya dengan sarapan. Ada beberapa menu sarapan sehat yang bisa membantu kita mengembalikan mood menjadi lebih baik dan membuat suasana hati lebih yang riang.
Tujuh Makanan untuk Sarapan Sehat
Makanan-makanan berikut ini adalah yang terbaik untuk sarapan. Karena mereka mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh maupun otak.
Pisang
Pisang mengandung karbohidrat dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga mengandung banyak serat sehingga dapat memperlancar pencernaan. Jadi tidak heran apabila setelah makan pisang seseorang biasanya terpancing untuk buang air besar di pagi hari.
Tidak sedikit dari masyarakat kita yang terkadang mengeluh apabila mengkonsumsi pisang dan kemudian sakit perut atau ingin buang air besar. Sebenarnya justru dengan buang air besar maka tubuh akan menjadi lebih sehat terlebih karena yang dibuang adalah. Dan sebaliknya, akan menjadi masalah apabila pencernaan tidak lancar dan tidak rutin bukan?
Selain mengandung karbohidrat, pisang juga mengandung seng, zat besi yang bisa memberikan banyak manfaat.
Telur
Telur hampir bisa dipastikan sebagai salah satu menu sarapan yang sudah tidak asing di telinga kita. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari makanan dengan protein tinggi ini.
Salah satu manfaat yang diberikan oleh telur adalah kebaikan dari kolin. Kolin dapat membantu kecerdasan otak. Itulah sebabnya mengapa anak yang sering sarapan dengan telur di pagi hari biasanya memiliki otak yang brilian.
Semangka
Semangka adalah salah satu buah-buahan yang banyak mengandung air, memiliki rasa manis dan bisa membantu membuat mood menjadi lebih bagus. Tidak hanya bisa dimakan dalam keadaan segar, buah semangka juga bisa dijadikan jus.
Strawberry
Strawberry banyak mengandung vitamin. Buah yang memiliki rasa kecut, asam, dan manis ini bagi sebagian orang mungkin agak sulit untuk didapatkan. Namun, bagi anda yang bisa menemukan buah stroberi dengan mudah, ada baiknya Anda menyertakan buah stroberi dalam sarapan Anda maupun sarapan anak.
Buah strawberry yang sudah matang bisa dimakan dalam keadaan segar maupun dijadikan campuran jus.
Kopi Tanpa Gula
Bagi orang dewasa yang membutuhkan peningkatan energi dan kewaspadaan, mereka bisa mengkonsumsi setengah cangkir atau satu cangkir kopi tanpa gula. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kopi tanpa gula diantaranya adalah mengurangi resiko terkena diabetes dan kanker prostat. Tips trik ini tentunya hanya bisa dipraktekkan jika Anda bukan pengidap penyakit darah tinggi.
Teh Hangat
Minuman ini, selain segar dan enak dikonsumsi di pagi hari, juga mengandung banyak manfaat terutama karena adanya kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Beberapa jenis teh seperti teh hijau, dipercaya dapat membuat seseorang awet muda, serta dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lebih cantik. Tidak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan sisi positif dari mengkonsumsi teh terutama teh hijau untuk melawan kanker.
Buah Melon
Buah melon yang sudah matang bisa dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari, baik dijadikan jus atau dimakan dalam keadaan segar. Buah ini banyak mengandung vitamin A dan vitamin yang lain, serta banyak juga mengandung air dan serat. Rutin memakan buah melon setiap pagi dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger