Headlines News :
Home » » Tips Agar Kulkas Tak Boros Listrik!

Tips Agar Kulkas Tak Boros Listrik!

Written By Ayok dicoba on Monday, November 21, 2016 | 6:09 AM

Tips Agar Kulkas Tak Boros Listrik!







Kulkas jadi salah satu alat elektronik paling penting di rumah. Penggunaan kulkas juga mempengaruhi jumlah tagihan listrik tiap bulannya. Jika tak teliti dalam memanfaatkannya, bisa-bisa tagihan listrik malah membengkak.

Untuk menjaga kualitas kulkas, rutinlah melakukan beberapa langkah berikut. Kuncinya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara dalam kulkas. Yuk praktekkan 5 cara mudah yang bisa menjaga fungsi kulkas agar tetap optimal!

1. Cek Karet Pintu Kulkas

Karet di pintu kulkas sangat penting fungsinya karena mencegah udara masuk ke dalam kulkas. Untuk memastikan apakah masih berfungsi dengan baik, lakukan pengecekan dengan menggunakan selembar kertas. Letakkan kertas di bagian pintu, setengah bagian di dalam dan setengah bagian di luar. Tarik kertas, jika kertasnya dengan mudah dikeluarkan, berarti karet kulkas sudah saatnya diganti.

2. Rapikan Isi Kulkas

Pastikan jika isi kulkas tak terlalu padat dan sesak. Jika ada terlalu banyak barang di dalam kulkas, sirkulasi udara di dalamnya akan terganggu dan tidak merata. Akibatnya, fungsinya sebagai pendingin makanan tak lagi efektif.

3. Jangan Biarkan Kulkas Kosong

Kulkas yang terlalu penuh memang tak disarankan, namun kulkas yang terlalu kosong juga memiliki dampak buruk. Alasannya karena udara dingin yang dihasilkan jadi tak tersirkulasi dengan baik. Jangan kaget jika kulkas Anda sering bermasalah, karena sering membiarkannya dalam keadaan kosong.

4. Perhatikan Letak Kulkas

Dalam menaruh kulkas, perhatikan letaknya. Hindari kulkas dari paparan sinar matahari, dan letakkan kulkas di bagian paling terlindungi di dapur. Dengan begitu, suhu di dalam kulkas bisa tetap terjaga tanpa adanya pengaruh dari luar.

5. Hindari Buka-Tutup Kulkas

Banyak orang terbiasa membuka kulkas dalam waktu lama untuk menentukan makanan apa yang akan diambil. Buka tutup kulkaspun sering dilakukan jika ada yang lupa diambil. Akibatnya, tagihan listrik bisa membengkak dan juga suhu di dalam kulkas terganggu. Mulai sekarang, tentukan makanan apa saja yang akan diambil sebelum membuka kulkas.

Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat dan membuat listrik kulsas bisa hemat heheheheh
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger