Headlines News :
Home » » Tips dan Trik Lulus USM PKN STAN

Tips dan Trik Lulus USM PKN STAN

Written By Ayok dicoba on Friday, November 18, 2016 | 10:04 AM

Tips dan Trik Lulus USM PKN STAN




Ini tips dan trik masuk STAN :

1. Tips Sebelum Pendaftaran:

    Ketahuilah terlebih dahulu tentang STAN (Sekarang PKN STAN bisa dilihat di www.stan.ac.id).
    Jika anda ingin sekolah kedinasan tapi tidak suka keuangan, masih ada STIS(Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, bergerak di bidang Statistik), STSN(Sekolah Tinggi Sandi Negara, bergerak di bidang eksekutif negara, kyak CIA), IPDN(Bergerak di bidang pemerintahan), Akabri(Kemiliteran), AKIP ato cari deh yang lainnya.
    Beli buku soal-soal USM STAN dan mencari kiat jitu dalam menyelesaikannya.
    Berlatihlah mengerjakan soal, dan berpaculah dengan waktu (Orang cerdas yg tidak biasa berlatih akan kalah dibandingkan orang yang biasa berlatih dan mengenal medan).
    Cobalah berlatih mengenai pola angka, penalaran, skolastik, aritmetika, dan grammar.


B. Tips saat pendaftaran:

    Lengkapi persyaratan jauh hari sebelum penyerahan berkas.
    Buatlah checklist apa saja yang harus dibawa saat pendaftaran dan cek ulang sebelum berangkat, dan saat di tempat pendaftaran.


C. Tips memilih jurusan:

    Nah, disinilah berlaku hukum Penawaran dan Permintaan. Semakin banyak jumlah penawaran, semakin besar peluang untuk bisa “goal”.
    Pilihlah jurusan dengan jumlah penawaran yang terbanyak. dengan kata lain yang jumlah penerimaannya besar.


Untuk dicamkan...
Jurusan di STAN tidak mengenal passing grade. Banyaknya mahasiswa yang lolos ditentukan oleh kebutuhan pegawai Kemenkeu saat itu. Ingat saat ada moratorium PNS? Makanya saat masa itu STAN nggak buka penerimaan. Tapi ketika permintaan pegawai tinggi, maka mahasiswa yang diambil juga banyak.

Kalau untuk mahasiswa yang dipilih, berdasarkan sekian ribu nilai teratas langsung diambil. Misal begini, jumlah pendaftar ada 150.000. Ketika dibutuhkan 2.000 mahasiswa baru, langsung diambil 2.000 orang yang nilainya paling tinggi. Nilai-nilai teratas berhak menempati spesialisasi yang dia pilih, sampai kuota spesialisasinya terpenuhi, maka yang nilainya ada di bawahnya, berhak menempati spesialisasi pilihan keduanya, begitu seterusnya. CMIIW.

IMHO, perempuan harus memiliki nilai yang lebih tinggi, karena permintaan laki-laki lebih banyak. Sehingga bisa dilihat walaupun pendaftar USM lebih banyak wanita, tapi yang diterima lebih banyak laki-laki. See why? Mungkin sistem penerimaan STAN juga memperhitungkan kuota perempuan dan laki-laki.


D. Tips mengerjakan soal saat USM:
  • Jangan melakukan kecurangan apapun. Curang di USM, cikal bakal mencontek setelah di STAN. Yang jadi cikal bakal DO atau korupsi setelah kerja di Kemenkeu.
  • Karena dikenakan sistem mati, kerjakanlah soal Bahasa Inggris terlebih dahulu sekitar 25 soal yang kalian anggap yakin (karena klo TPA dulu, pasti bakal banyak lama di bagian hitungan, mengakibatkan keasyikan hingga lupa masih ada soal B. Inggris) Lalu kerjakan soal TPA.
  • Ingat! Benar +4, salah -1, tidak diisi 0. Jagan coba" untuk menembak jawaban yang anda rasa tidak yakin.
  • Klo dirasakan terdapat 2 jawaban yang memungkinkan, silakan tembak dengan hati. Tapi kalau ada 3 jawaban yang memungkinkan, skip aja deh daripada salah.
  • Bagi yang kuat hitungan, hiraukan terlebih dulu soal yang berkaitan dengan teks. Ini aku banget, males baca teks panjang.
  • Hiraukan dulu soal hitungan yang teksnya panjang (karena kita akan lebih lama untuk mencerna maksud soal, buang waktu!!)
  • Hiraukan dulu soal yang pendek tp dirasakan lama untuk perhitungannya!! (Contohnya: 56,342*43,662 =..., silakan hitung secara manual,,panjang bo!! Kan nggak pakai kalkulator.)
  • Di USM 2009 terdapat 20 soal penalaran, jika benar semua poin anda +80, banyak-banyaklah berlatih sebelumnya.
  • Kerjakan kembali soal B. Inggris, jika dirasakan tidak suka soal teks, gak usah dikerjakan (Tapi lihat lagi di bagian soal teks, ada soal sinonim atau mengisi kata dengan grammar yang tepat)
  • Kalau aku, urutan ngerjain soal USM STAN-nya kayak gini: TPA (Antonim, Sinonim, Aritmatika Dasar), Penalaran, Grammar, Balik ke TPA yang belum diisi, terakhir soal yang teksnya panjang.
  • Lingkari jawaban dengan memasrahkan segalanya kepada Sang Ilahi sambil bilang "Bismillahirrahmanirrahiim", yakinlah itu jawaban yang terbaik. Karena walaupun jawaban kita benar,, tapi Allah bisa saja membelokan tangan kita ke jawaban yang salah.


E. Setelah beres USM STAN:

  • Lembaran-lembaran telah tertutup, semua jawaban anda telah terkunci, gak bisa diubah lagi. Berdoalah!! Ada waktu 1 bulan untuk berdoa.
  • Simpan baik-baik Bukti Peserta Ujian anda. Karena ada orang yang lulus, ternyata gugur karena BPUnya hilang.
    Camkan! Orang yang bisa masuk STAN itu:

  • Orang-orang yang rajin (Seperti kebanyakan temanku dari Jawa, makanya Jawa jadi bahasa kebangsaan d STAN).
  • Orang-orang beruntung dan emang udah rejekinya.
  • Orang-orang yang kuat doa. Yang rajin shalat sunnahnya, tambahin juga shalat malamnya, tambahin juga puasanya, jangan lupa minta do'a sama orang-orang terdekat.
  • Yang terakhir, orang yang pinter banget dan emang nggak pakai belajar lolos USM STAN. Hehehehe........
Semoga bermanfaat dan sobat bisa lolos USM PKN STAN.Aminnnn
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger