Headlines News :
Home » » Tips jitu lolos Tes masuk STIS

Tips jitu lolos Tes masuk STIS

Written By Ayok dicoba on Friday, November 18, 2016 | 9:59 AM




Tips dan Trik lolos Tes masuk STIS






Buat teman-teman, atau siapapun yang memiliki keinginan untuk menjadikan STIS sebagai destinasinya untuk melanjutkan sekolah, saya akan sedikit share mengenai perjalanan saya saat mengikuti ujian seleksi masuk dari awal sampai selesai. Disini saya hanya ingin share, karena segala macam tes hasilnya kembali lagi kepada Allah, kita sebagai hambanya hanya wajib berikhtiar. Betul? Dan hal yang saya tuliskan disini hanya pendapat pribadi saya, afwan kalo ada yang tidak berkenan atau kurang tepat. Silahkan dijadikan referensi atau gambaran umum saja.
Tes ujian masuk STIS terdiri dari 3 macam tes, yaitu:

  1. Tes tulis (Tes Kemampuan Akademik)
  2. Psikotest + Wawancara
  3. Tes Kesehatan



1. Tes Tulis

Tes tahap pertama, terdapat 3 materi yang diujikan, yaitu Matematika, bahasa Inggris, Pengetahuan Umum. Tiap materi terdapat 60 soal. Sistem mengerjakannya adalah tiap jenis soal diberikan waktu sendiri, setelah waktu untuk jenis soal pertama habis, ganti mengerjakan jenis materi yang lain. Jadi saat saya tes, awalnya semua peserta diberi instruksi mengerjakan matematika dan tidak diperbolehkan mengerjakan soal bahasa inggris atau pengetahuan umum. Untuk matematika diberikan waktu 60 menit. Setelah 60 menit, semua peserta diharuskan berhenti untuk mengerjakan matematika, lalu dilanjutkan mengerjakan soal bahasa inggris. Begitu selanjutnya.
Pendapat Pribadi:
Dalam tes ini, kita dituntut untuk bisa mengatur waktu dengan baik, untuk matematika akan sulit sekali untuk menyelesaikan semua soal karena bobot soal yang berat dan banyak. Sehingga saat mengerjakan lebih baik dipilih yang mudah saja. Untuk matematika, dari 60 soal saya hanya mengerjakan kurang dari 25 soal. Untuk Bahasa Inggris, menurut saya ini dalam materi ini, kita harus berusaha untuk memaksimalkan nilai yang kita dapatkan untuk menutupi kekurangan saat matematika karena tipe soal bahasa inggris yang keluar dari tahun ke tahun sama sehingga kita bisa memperkirakan soal yang keluar. Tapi tidak menjamin bahwa tipe soal akan selalu sama. Dan pada pengetahuan umum, soal yang keluar saat tahun saya adalah pengetahuan sosial dasar saat masih SMA. Yang penting kalo gak yakin mending jangan nekat karena ada nilai minus.
Tips:
  1. Lebih baik kita beli soal USM STIS, bisa pesan lewat internet. Karena isi soalnya bisa memberikan    gambaran. Di dalam buku USM juga banyak informasi berguna yang bisa didapatkan
  2. Jangan sia-siakan soal bahasa Inggrisnya, kalo banyak berlatih Insyaallah nanti bisa saat ujian
  3. Banyak berdoa yang paling penting, pasrah dan tawakal.

2. Psikotes dan Wawancara


Psikotest yang diberikan mirip dengan tes untuk menguji IQ, kecepatan berfikir, nalar, kreativitas di uji dalam tes ini. ada juga perintah untuk menggambarkan orang (diri sendiri), menggambar sesuatu dari gambar yang sudah tersedia. Dan ada tes kepribadian. Untuk wawancara, ditanyakan seputar biodata diri dan keluarga, alasan masuk STIS, penerapan pancasila dan UUD 1945.
Pendapat Pribadi:
Untuk psikotest perbanyak latihan soal psikotest dan cari berbagai macam jenis dan tipe soalnya. Karena psikotest ya soalnya relatif sama. Untuk wawancara yang penting tenang, tidak gugup, jujur jangan mengada-ada dalam menjawab. Biarkan wawancara mengalir.
Contoh pertanyaan dalam wawancara:
  1. Siapa nama anda?tempat tinggal, asal sekolah?
  2. Apa alasannya ingin masuk STIS?
  3. Sebutkan 5 sila pancasila dan bagaimana contoh penerapannya sehari-hari!
  4. Sebutkan butir2 pancasila dari sila ke-1 sampai ke-5, dan bagaimana contoh terapannya?
  5. Apa pendapat anda mengenai peraturan yang diberlakukan di  STIS?( tidak boleh menikah selama   masa kuliah, menggunakan seragam dinas, dll)
  6. Apa anda bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia nantinya?

3.Tes Kesehatan

Jika kita berhasil melewati tes tahap 1 dan 2, jika teman-teman tidak punya penyakit yang tidak bisa disembuhkan, atau sehat Insyaallah tes kesehatan akan lancar. Yang penting berdoa  kepada Allah. Tes terdiri dari cek darah, urin, panca indera, rontgen.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger