Headlines News :
Home » » Tips Membuat Taman Rumah yang Ideal

Tips Membuat Taman Rumah yang Ideal

Written By Ayok dicoba on Monday, November 14, 2016 | 6:06 AM



Tips Membuat Taman Rumah yang Ideal
 



Memiliki taman yang ideal dapat difungsikan sebagai elemen untuk mempercantik tampilan rumah serta menjadi penghilang jenuh dan stres bagi penghuninya.

Jika Anda ingin membuat desain taman rumah yang indah dan baik, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Karakter Bangunan dan Penghuni
Sebaiknya Anda menyesuaikan desain taman dengan konsep rumah. Hal ini agar taman dan rumah terlihat selaras. Selain itu, masalah psikologis sang penghuni rumah juga perlu menjadi bahan pertimbangan Anda untuk merancang sebuah taman. Hal ini karena adanya kaitan dengan psikologis penghuni rumah, taman dapat berfungsi sebagai obat penenang jiwa.

2. Lahan
Dalam penataan taman rumah, harus disesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Jika lahan yang digunakan untuk taman tidak terlalu luas, Anda dapat menyiasatinya dengan menanam tanaman yang sederhana. Selain itu, alternatif lainnya, Anda bisa menanam tanaman dalam pot.

3. Sirkulasi Orang dan Jendela Pandang
Sirkulasi orang yang dimaksud disini bisa berupa sirkulasi orang di taman atau sirkulasi orang yang menuju ke teras atau pintu utama. Penempatan jendela yang menghadap ke taman juga harus Anda rencanakan sehingga pemilik bisa melihat taman dari dalam rumah. Maka dari itu, aspek sirkulasi juga perlu dipertimbangkan karena berhubungan dengan jendela pandang.

4. Hardscape
Hardscape atau elemen keras pada taman dapat berbentuk patung, batuan dan kolam. Biasanya hardscape ini dirancang pada awal pembuatan taman. Selain dari elemen hardscape, ada pula yang disebut softscape yaitu elemen pelengkap berupa tanaman.

5. Jenis Tanaman
Pemilihan tanaman tergantung pada konsep rumah yang Anda miliki dan hardscape taman. Misalnya saja, Anda mempunyai konsep rumah minimalis, maka Anda bisa memilih tanaman yang praktis dan memiliki karakter minimalis (daunnya tidak rimbun).

6. Cahaya
Jika di taman, Anda berikan tanaman perdu atau semak yang terkena sinar matahari cukup lama (di atas 5 jam), ada baiknya Anda menempatkan pohon sebagai peneduh tanaman tersebut. Untuk penerangan taman pada saat malam hari dapat dengan menempatkan cahaya buatan agar taman terlihat cantik.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger