Headlines News :
Home » » Tips Merawat Jenazah

Tips Merawat Jenazah

Written By Ayok dicoba on Monday, November 7, 2016 | 8:59 PM



Beberapa Tips Merawat Jenazah

Berikut antara tips-tips singkat perawatan jenazah. Semoga bermanfaat.
Jenazah Kaku
– Apabila ada jenazah dengan posisi kaki bengkok, alias tidak lurus, maka meluruskannya adalah dengan cara dipijat pelan-pelan dan diolesi cuka dan spritus.
– Apabila otot-otot jenazah ada yang sudah kaku, maka cara melenturkannya adalah dua jempol kakinya dipencet dan kemudian ditarik kuat-kuat secara bersamaan.
– Apabila mata jenazah masih terbuka atau melotot, maka cara menutupnya adalah bagian lengan bawah tangan (Jawa: kucing lengen) dipencet pelan-pelan, sambil kelopak matanya coba diusap-usap dipejamkan.
Menguburkan Jenazah
– Antara praktek memasukkan jenazah yang seringkali keliru adalah tubuh jenazah dimasukkan secara bersama-sama.
Sesuai dengan hadits, memasukkan jenazah ke liang lahat semestinya dari bagian kepala dulu, baru bagian bawahnya.
– Semestinya jenazah diletakkan dengan posisi agak miring menghadap ke arah Barat Laut, sebagaimana arah kiblat bagi orang Indonesia ketika sholat, bukan persis ke arah Barat.
– Untuk diketahui, beberapa jam sesudah wafat, tubuh mayit biasanya mengembang dan membesar, bahkan hingga dua kali besar tubuhnya. Tradisi kita dalam menguburkan mayit sudah sangat baik, dengan meletakkan mayit di atas tanah dan meletakkan kayu di atas liang kuburnya. Sesudah itu baru dipenuhi tanah hingga bagian atas kuburan. Tanah yang ada di bawah tubuh mayit akan segera menyerap tubuhnya. Beda kalo mayit diletakkan dalam peti, pasti penyerapannya akan lama, karena di dalam peti biasanya diberi plastik.
Wallahu a’lamu bis-shawab.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger