Headlines News :
Home » » Tips Merawat Kompor Gas

Tips Merawat Kompor Gas

Written By Ayok dicoba on Saturday, November 19, 2016 | 9:52 AM



Tips Merawat Kompor Gas





Mayoritas dari kita sudah meninggalkan kompor sumbu dan beralih ke kompor gas. Nah, agar kompor gas di rumah kita awet dan tahan lama maka diperlukan perawatan secara berkala.
Secara rutin anda harus memastikan selang gas agar jauh dari permukaan panas, tidak pada posisi tertekuk dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran.
Anda juga harus rutin membersihkan lubang kompor tempat keluarnya api. Cara membersihkannya bisa menusuk lubang dengan jarum atau dengan sikat supaya kotoran yang ada di dalam lubang keluar. Karena kotoran ini yang bisa menyebabkan api biru menjadi merah. 

Mencuci bagian-bagian yang dilapisi enamel atau krom dengan air sabun hangat atau deterjen yang non-abrasif. Setelah kering betul baru anda bisa memasang kembali lapisan enamel atau krom tersebut.
Jangan sekali-kali Anda menyalakan api jika tidak ada alat memasak di atasnya, karena ini dapat menimbulkan bau gas dari api yang Anda tinggalkan walaupun hanya dalam waktu 5 detik.
Jika Anda habis memasak di dapur, Anda harus membiasakan agar membersihkan kompor gas dengan menggunakan lap kering. Jika ada bekas makanan yang lama menempel dapat dibersihkan dengan lap basah diberi sabun. Setelah itu kompor dibersihkan kembali dengan lap kering.
Nah, cukup mudah bukan?! Selamat mencoba.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger