Headlines News :
Home » » Wanita Dalam Pandangan Islam Dan Keistimewaannya

Wanita Dalam Pandangan Islam Dan Keistimewaannya

Written By Ayok dicoba on Tuesday, November 8, 2016 | 4:25 PM


Wanita Dalam Pandangan Islam Dan Keistimewaannya


Wanita Dalam Pandangan Islam Dan Keistimewaannya  Dalam kesempatan ini, ayokdicoba.com akan berbagi ilmu tentang wanita dalam pandangan Islam dan keistimewaannya. Memang tidak merujuk dari berbagai kitab shohih, namun diantaranya ada yang diambil dari kitab ‘Uqudul Jein, Riadhus Sholihin, artikel-artikel terkait dan bacaan-bacaan buku wanita lainnya.
Wanita Dalam Pandangan Islam
Islam memandang wanita  memiliki banyak keistimewaan dan lebih unggul dibandingkan laki-laki. Di dalam Al-Qur’an telah banyak memberitahukan kepada kita semua tentang kedudukan wanita dan emansipasinya dengan kaum laki-laki. Wanita memiliki esensi dan identitas yang sama dengan laki-laki. Bahkan satu surat di dalam Al-Qur’an mengandung nama perempuan yakni surat “An-Nisa“. Rasulullah SAW ketika ditanya siapa orang yang paling berhak untuk dihormati dan didahulukan, beliau menjawab “ibumu! ibumu! ibumu! kemudian ayahmu“. Subhanallah, begitu mulianya seorang wanita di dalam pandangan Islam.
Keistimewaan Wanita Dalam Islam

Jika kita menghitung-hitung berapa jumlah keistimewaan wanita dalam Islam, tak kan terhitung memang. Namun ada beberapa yang kita ketahui dari beberapa ilmu yang didapatkan. Kita saling berbagi dan saling memberi ilmu serta pendidikan bagi kaum muslimah khususnya. Ketahuilah, bahwa Islam telah memuliakan wanita. Lalu wanita yang seperti apa yang bisa mendapatkan keistimewaan itu?
Ini ada beberapa yang mungkin jika kita melakukannya dengan niat lillahita’ala, insyaaAllah, Allah tidak akan pernah mengingkari janji-janjiNya termasuk dalam memberikan kemuliaan pada seorang wanita. 

Berikut ini beberapa keistimewaan wanita dalam Islam diantaranya:
1.         Wanita sholihah adalah tiang negara.
Sehingga jika wanitanya rusak, maka rusaklah negara tersebut, namun jika wanitanya baik maka baik pulalah negaranya. Wanita sholihah merupakan perhiasan dunia. Wanita memiliki inner beauty yang luar biasa, dan wanita identik dengan keindahan.
Seorang wanita sholihah lebih baik dari seribu laki-laki yang tidak sholeh.
Wanita sholihah itu lebih baik dari 70 wali.
Seorang wanita sholihah lebih baik dari 70 orang sholih
Doanya seorang wanita sholihah itu lebih maqbul atau terkabul.
Walaupun kita seorang muslimah yang tidak sesholihah Khadijah Al-Kubra, Siti Aisyah, Siti Hajar, dan lain sebagainya. Namun, paling tidak berusahalah untuk menjadi sholihah.
Mengapa demikian? karena ketaatannya, kesabarannya, kedekatannya pada Allah serta sifat penyayangnya yang melebihi sifat penyayang seorang laki-laki. Oleh karenanya, doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.

2.         Haidnya seorang wanita merupakan tebusan (kifarah) atas dosa-dosanya yang telah lalu.
Oleh karenanya, saat haidh seorang wanita muslimah yang sholihah akan selalu beristighfar untuk memohon ampunan kepada Allah dan Allah akan membebaskannya dari siksa neraka dan memudahkannya ketika melewatu jembatan shiratal mustaqim serta Allah akan mengangkat derajatnya seperti derajatnya 40 syuhada. Dan jika dilakukannya selama sedang haid (beristighfar).

3.         Surga terletak dibawah kaki ibu.
Seorang anak wajib taat dan patuh pada ibunya, karena ridhonya seorang ibu adalah ridhonya Allah. Balasan terhadap apa yang telah ibu lakukan demi anak-anaknya, dari mulai mengandung, melahirkan, menyusui, membimbing, melindungi, menyayangi dan lain sebagainya. Oleh karenanya atas pengorbanan seorang ibu, maka Allah pantas berikan surga dibawah kakinya.

4.         Ibu lebih didahulukan dan diutamakan.
Ketika ada yang memanggilmu (ayah dan ibumu), maka dahulukanlah ibumu.

5.         Wanita sholihah akan dijamin masuk surga dari pintu mana saja yang ia mau.
Seorang wanita yang mengerjakan solat fardhu, puasa wajib dan memelihara kehormatannya serta taat dan patuh pada suaminya, maka niscaya ia akan masuk Surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.

6.         Allah akan mendatanginya ketika di akhirat.
Semua orang kelak (di akhirat) akan dipanggil untuk melihat wajah Allah, akan tetapi Allah akan datang sendiri kepada wanita yang memberati auratnya terlihat yakni memakai purdah di dunia ini dengan istiqamah.

7.         Mendapatkan pahala selama 12 tahun sholat.
Untuk wanita sholihah yang melayani suaminya dengan ikhlas tanpa ada khianat. Maka akan mendapat pahala selama 12 tahun sholat.

8.         Akan mendapat pahala selama satu tahun sholat dan puasa. Jika memberikan ASI kepada anaknya yang menangis.
Setiap rokaat dari sholatnya wanita yang sedang mengandung itu lebih utama dari wanita yang tidak mengandung. Dan selama ia mengandung sampai melahirkan, Allah akan memberikan pahala yang berlipat-lipat kepadanya.
Akan mendapatkan pahala sebanyak 70 tahun sholat dan puasa. Yakni saat mengalami rasa sakit saat melahirkan dan setiap urat yang terasa sakit akan diberi pahanyanya seperti pahala orang yang haji.

9.         Wanita yang mati karena melahirkan akan mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang mati syahid.
Wanita sholihah yang mengandung akan diberi 1000 kebaikan dan dihapuskan 1000 kejahatan, dan malaikat akan beristighfar untuknya.

10.       Wanita yang memberikan ASI sampai cukup umur pada anaknya (-+2 tahun), akan diberi Surga oleh Allah.

11.       Orang yang berbuat ihsan atau berbuat baik dan mendidik anak perempuan, saudara perempuan atau istrinya dengan penuh taqwa serta penuh tanggung jawab maka Surga untuknya.

12.       Wanita yang melayani suaminya dengan baik ketika pulang ke rumah, maka akan diberi pahala seperti pahalanya orang yang berjihad.

13.       Ibu lebih berhak terhadap anak laki-lakinya. Seorang ibu lebih berhak terhadap anak laki-lakinya, meskipun telah berumah tangga.

14.       Wanita akan terlebih dahulu masuk ke surga dari pada suaminya. Wanita atau istri yang sholihah akan lebih dulu masuk surga dari pada suaminya jika menolong suami dalam urusan agama.

15.       Wanita yang menjaga anaknya yang sedang sakit, sehingga terkurangi waktu istirahat dan tidurnya, maka Allah akan memberi pahala seperti Allah membebaskan 20 orang hamba sahaya dan diampuni dosanya.

16.       Wanita sholihah atau istri sholihah yang menyucikan pakaian suaminya akan dicatat baginya 1000 kebaikan dan diampuni 2000 kesalahannya serta diangkat derajatnya hingga 1000 derajat.

17.       Istri yang membahagiakan dan menggembirakan hati suaminya siang malam, akan diberi ganjaran tiada henti.

18.       Setiap wanita yang berkeringat demi suami dan anaknya
 Allah akan menjadikan 7 parit antara dirinya dengan neraka, dan jarak diantara parit itu sejauh langit dan bumi. Jadi, jika seorang istri atau ibu yang mengeluarkan keringat ketika memasak untuk menghidangkan makanan bagi keluarganya, mencuci pakaiannya, membersihkan dan merapikan rumahnya dari segala kotoran, dan lain sebagainya sehingga keringatnya bercucuran akan dibalas oleh Allah dengan dibuatkannya sebuah parit sebagai penghalang dirinya dengan neraka.

Nah itulah beberapa keistimewaan seorang wanita sholihah. Dan masih banyak keistimewaan-keistimewaan lainnya. Semoga artikel tentang Wanita Dalam Pandangan Islam Dan Keistimewaannya bermanfaat
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger