Headlines News :
Home » » Manfaat Luar Biasa dari Puasa Sunnah Senin Dan Kamis

Manfaat Luar Biasa dari Puasa Sunnah Senin Dan Kamis

Written By Ayok dicoba on Saturday, December 31, 2016 | 9:59 AM

Manfaat Luar Biasa dari Puasa Sunnah Senin Dan Kamis


" Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, "Tangguhkan keduanya. (HR. Ahmad)
 

Sebagai amalan sunnah, tentu saja puasa senin kamis ini memiliki posisi yang penting di mata Allah SWT. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat.

Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam sebuah hadits Qudsi-Nya:

" Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipat gandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud)

Kata puasa dalam hadits di atas mengandung makna secara umum, maksudnya adalah puasa sunnah maupun wajib, termasuk puasa senin kamis ini. Inilah puasa yang disyariatkan oleh Rasululah SAW untuk menjaga keimanan dan ketakwaan seseorang.

Keistimewaan Puasa Senin Dan Kamis, Diantaranya:
  • Surga Balasannya Di Akhirat.
  • Terhindar dari Siksa Api Neraka.
  • Menjadi Penolong pada Hari Kiamat.
  • Menanamkan Kedekatan Diri pada Allah SWT.
Bemanfaat Juga Bagi Kesehatan Jasmani
  • Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Karena pada hari saat kita tidak berpuasa alat penceranaan di dalam tubuh bekerja sangat keras, dan pada saat puasalah alat pencernaan tersebut beristirahat
  • Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa Senin-Kamis, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksi dan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dan karsinogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan gizi, yang belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.
Masya Allah, Begitu luarbiasanya manfaat puasa sunnah senin dan kami, Mari kita mulai berpuasa, jangan menunggu hingga Ramadhan tiba untuk berpuasa karena belum tentu usia kita akan sampai ke Ramadhan mendatang, Mari kita mulai dengan puasa sunnah Senin-Kamis. Dan jangan lupa ikhlas karena Allah SWT. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-NYA kepada kita semua dan mengijinkan kita untuk berjumpa kembali dengan Ramadhan mendatang. Amiin ya Rabb al-’Alamin

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya. [HR Muslim, 3509]
 
 
Yok dicoba membiasakan diri untuk puasa sunah setia hari Senin dan Kamis~ 


disadur dari http://www.akhlakmuslim.com/2016/02/manfaat-luar-biasa-puasa-sunnah-senin.html
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ayokdicoba.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger